Pesantren Ash Shiddiqiyyah Purworejo

Pesantren Ash Shiddiqiyyah Purworejo

Profil
Yayasan Ash Shiddiqiyyah terletak di Dusun Berjan, Desa Gintungan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.Yayasan Ash Shiddiqiyyah berdiri pada :
Hari        : Senin Wage.
Tanggal : 12 Juni 2000 M, atau bertepatan dengan tanggal : 10 Robi’ul Awal 1421 H atas inisiatif dan prakarsa dari KH. Much Atabik Baqir selaku Pimpinan atau Pengasuh Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah Berjan Gebang Purworejo.

Inisiatif mendirikan Yayasan Ash Shiddiqiyyah adalah merupakan respon dari Pimpinan atau Pengasuh Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah Berjan Gebang Purworejo terhadap keluhan-keluhan masyarakat, tentang kondisi anak anak sekolah yang mengalami dekadensi moral dan kondisi kepemimpinan di masyarakat yang mana apabila tidak mempunyai Ijazah SMK atau yang sederajat maka tidak bisa ikut mendaftar atau mengikuti seleksi kepimimpinan di tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten atau bahkan pada tingkatan 2  yang lebih tinggi, terutama lagi kondisi Masyarakat sekitar kawasan pesantren yang mengalami penurunan ketetarikan dalam mempelajari keilmuan keagamaan.

Karena mungkin mereka sudah memandang kurang pentingnya pendidikan akhlak dan keilmuan kegamaan dalam kehidupan sehari hari dan masa yang akan datang. Keresahan Pempinan atau Pengasuh Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah Berjan Gebang Purworejo di atas yang akhirnya menginspirasi untuk mendirikan Yayasan yang di beri nama Ash Shiddiqiyyah, sekaligus juga mendirikan Lembaga Pendidikan Formal yang bernaung di bawah Yayasan Ash Shiddiqiyyah.
Nama Ash Shiddiqiyyah di pilih untuk menjadi nama Yayasan di karenakan
ada 3 hal  pokok, yaitu :

Pertama (1), nama Ash Shiddiqiyyah di ambil dari nama kakeknya yang bernama KH. Muhammad Siddiq. Adapun silsilahnya sebagai berikut : KH. Muhammad Atabik Bin KH. Muhammad Baqir Bin KH. Muhammad Siddiq.

Kedua (2) dalam rangka tafaulan ( mengharap ketularan ) kepada kakeknya dengan harapan semua santri yang belajar di Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah atau belajar di Lembaga Pendidikan di bawah naungan Yayasan Ash Shiddiqiyyah menjadi anak-2 yang  ‘Alim ‘Alamah, Sholih atau Sholihah dan Zahid atau Zahidah seperti Beliau.

Ketiga (3) dalam rangka Tabarukan ( Mengharap Keberkahan) dengan kakeknya, di kandung maksud semoga semua santri yang belajar di Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah atau belajar di Lembaga Pendidikan di bawah naungan Yayasan Ash Shiddiqiyyah menjadi santri yang berhasil, bermanfaat dan berkah dalam segalanya seperti Keberkahan-2 yang Alloh SWT berikan atau limpahkan kepada Beliau KH. Muhammad Siddiq Bin KH. Zarkasi.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
Lembaga pendidikan formal yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyyah  dan Yayasan Ash Shiddiqiyyah sampai saat ini ( Hari : Jum’at Wage, Tangal : 10 Maret 2017 M / 11 J. Akhir 1438 H ) adalah sebagai berikut :
1. TKIT Ash Shiddiqiyyah-1 Berjan Gebang Purworejo
2. SDIT Ash Shiddiqiyyah-1 Berjan Gebang Purworejo
3. SMPT Ash Shiddiqiyyah-1 Berjan Gebang Purworejo
4. SMKT Ash Shiddiqiyyah-1 Berjan Gebang Purworejo
5. SMPT Ash Shiddiqiyyah-2 Pekutan Bayan Purworejo
6. MA Ash Shiddiqiyyah-2 Pekutan Bayan Purworejo
7. RA UNGGULAN Ash Shiddiqiyyah-3 Dukuhdungus Grabag Purworejo
8. MI UNGGULAN Ash Shiddiqiyyah-3 Dukhdugus Grabag Purworejo
9. SMPT Ash Shiddiqiyyah-3 Dukuhdungus Grabag Purworejo


Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an


Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
IPNU/IPPNU
-OSIS
-Pramuka
-PMR

Alamat
Dusun Berjan, Desa Gintungan, Kecamatan Gebang, 54191, Kabupaten Purworejo

       

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

     

 

 

Alumni Pesantren Ash Shiddiqiyyah Purworejo