Pesantren Al Anwariyah Cirebon

Pesantren Al Anwariyah Cirebon

Profil
Pondok Pesantren Putra – Putri Al Anwariyah terletak di Desa Tegalgubuglor  Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Mula – mula Pondok Pesantren Al Anwariyah hanya berdiri dengan bentuk majlis ta`lim, namun berkat usaha para masyayikh tepatnya pada tanggal : 01 Jumadil Akhir 1230 H / 09 September 1809 M majlis ta`lim tersebut menjadi Pondok Pesantren dengan nama “Al Ghurobatul Watloniyah” (Tempat pengungsi para mutholib dari tanah air) merupakan pondok pesantren salafiyah yang populer dengan sebutan kebesarannya yaitu “Pondok Gede”.

Sebagai pendirinya adalah As Syaikh   Al Alim Al Fadhil KH. Anwar bin Salifah. KH. Anwar adalah salah satu seorang ulama besar dan juga tokoh legendaris yang merintis asal muasal berdirinya pondok pesantren, merupakan guru dari sejumlah kyai yang mendirikan dan memimpin pesantren – pesantren besar di Indonesia (Sumber lain mengatakan bahwa KH. Anwar adalah salah satu murid atau santri KH. Holil Bangkalan Madura)   

Identitas Pondok Pesantren

1.      Nama Pondok Pesantren               : AL ANWARIYAH
2.      Alamat                                          :
a.       Jalan                                        : Ki Gede Syuro No. 4
b.      Kelurahan/Desa                       : Tegalgubug Lor Blok IV
c.       Kecamatan                              : Arjawinangun
d.      Kabupaten                               : Cirebon
e.       Kode Pos                                : 45162
f.       Nomor Telepon                       : ( 0231 ) 357491/357836
g.      Tahun Berdiri                          : 1809
h.      Nomor Statistik Pesantren      : 512321126030
i.        Pengelola                             : Yayasan
a.       Nama Yayasan              : LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN AL ANWARIYAH (LPPA)
b.      Akte Notaris                  : Ny. Zailastri Zamri, SH. No. 36/15/10/1997

TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah sasaran yang hendak di capai dan harus di tentukan sebelumnya, yakni perbuatan yang hendak dilakukan pendidik pada anak didiknya agar tercapai hasil terakhir dari segala perbuatannya. Salah satu usaha untuk merealisasikan tujuan pendidikan tersebut, Pondok Pesantren Al Anwariyah merumuskan tujuan khusus seperti yang tertulis berikut ini : “ Membentuk Insan Kamil Beridentitas Muslim Berfikir Kritis Berkreasi Dinamis”.

Tujuan pendidikan tersebut akan dapat tercapai menuju tahapan sasaran dalam bentuk program yang menggambarkan tujuan sementara, dalam hal ini Pondok Pesantren Al Anwariyah yang berusaha melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan landasan syari`at pendidikan islam, yaitu Al Qur`an dan Hadis.
– Untuk mendidik siswa agar menjadi manusia yang agamis, berakhlaq mulia, berdedikasi tinggi serta mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
– Untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama islam serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
– Tegaknya Agama Islam Ahli Sunnah Wal Jama’ah.
– Terwujudnya generasi Islam yang ber ilmu dan berakhlakul karimah.
– Meningkatkan kwalitas dan kreatifitas santri dalam pendidikan dan berorganisasi.
– Membantu program pemerintah dalam pembangun manusia seutuhnya. (Lihat AD & ART Pondok Pesantren Al Anwariyah) 1. Nur Uhbiyati, IPI I ( Bandung : Putra Setia, 1999), h.34. 

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1.      MIHM (Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin) MIHM Semula bernama MIR (Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Thalabah) didirikan pada tanggal 01 Januari 1952. kemudian pada tanggal 01 Dessember 1973         MIR dirubah menjadi MIHM oleh KH. Ahmad Zaini Siraj dan KH. Munaji Muqoyyim (Kuwu Munaji) dengan alasan tafaulan pada Pondok Pesantren Lirboyo Kediri   Jawa Timur.
2.      MTsHM (Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin) Pendidikan agama berijazah pesantren (Salafiyah). Madrasah ini pertama didirikan pada tanggal 01 Desember 1973 oleh KH. Ahmad Zaini Siraj dengan lama pendidikan 6 tahun. Kemudian pada tanggal 01 Agustus 1981 MTs 6 tahun dipecah menjadi dua yaitu MTs 3 tahun dan untuk MA 3 tahun.
3.      MAHM (Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin) Pendidikan agama berijazah pesantren (Salafiyah). Didirikan oleh H. Barzen Murod, dan Madrasah Aliyah ini merupakan rehabilitasi dari MTs 6 tahun hingga pada tanggal 01 Agustus 1981 MA 6 tahun dipecah menjadi dua bagian yaitu MTs tiga tahun dan MA 3 tahun.
 
Pendidikan Informal: 
1.      MDAHM (Madrasah Diniyah Awaliyah Hidayatul Mubtadiin). Berdiri pada tahun 1989. Didirikan oleh KH. Moh. Ali Shofwan bin KH. Shofwan atas kesepakatan para Kyai dan Dewan Guru.
2.      TKA & TPA Didirikan pada tahun 1996 oleh Ny. Hj. Musa`adah binti KH. Shofwan dan disetujui oleh pengurus Lembaga Pendidikan Pesantren Al Anwariyah (LPPA).
3.      LPPA (Lembaga Pendidikan Pesantren Al Anwariyah) Berdiri tahun 1997
4.      ROBITHOH (Mutakhorijin)
5.      WAJAR DIKDAS (Ijazah formal setara SMP) Didirikan tahun 2004 oleh Qurrotul Aini Rohmatullah atas persetujuan pengurus  Lembaga Pendidikan Pesantren Al Anwariyah (LPPA)
6.      Program PAKET C (Ijazah formal setara SMA / SLTA)  

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
- IPNU/IPPNU
- OSIS
- Pramuka
- PMR

Alamat
Jl. Ki Gede Syuro No. 4, Tegalgubuglor Blok IV Arjawinangun Cirebon 45162 Telp. (0231) 357491/357836
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://pondokpesantrenalanwariyah.wordpress.com

       

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.




 

 

 

Alumni Pesantren Al Anwariyah Cirebon