Pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi Gresik

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi Gresik

Profil

Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi berlokasi di Jalan Makam Dalem Mayar, Peganden, Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pesantren yang berdiri sejak tahun 1989 didirikan oleh KH. Ahmad Husnan Abdullah.

Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi memiliki pendidikan jenjang formal yakni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al Ibrohimi serta perguruan tinggi. Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi memiliki bangunan dengan luas keseluruhan 1472m2 dan memiliki santri sebanyak 607 orang.

Sejarah
Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi berlokasi di Jalan Makam Dalem Mayar, Peganden, Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pesantren yang berdiri sejak tahun 1989 didirikan oleh KH. Ahmad Husnan Abdullah yang awal mula dalam pengembangan pesantren dengan mengadakan kegiatan pengajian setiap hari lalu dengan di bantu dan mendapatkan dukungan oleh masyarakat KH. Ahmad Husnan Abdullah membeli tanah seluas 130 meter untuk dijadikan sebuah pondok pesantren.

 Tetapi dengan perkembangan pesantren memiliki berbagai macam rintangan dan masalah yakni kekurangannya sumber air bersih yang menjadikan pondok pesantren mengalami penurunan atau terhambat kegiatannya. Lalu dengan perjuangan KH. Ahmad Husnan Abdullah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT pada tahun 1990 M beliau mendapatkan amanah untuk dapat mengelola tanah wakaf dengan tanah seluas  7.230 M3 yang diberasal dari Bani Ibrohim Malang, Jawa Timur.

Dengan bantuan dan amanah tersebut dapat mendirikan pondok pesantren bernama Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi yang berlokasi di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dengan perkembangan pesantren santri yang mondok berasal dari berbagai kota antara lain dari Bojonegoro, Tuban, Cilacap, Magelang, Palembang dan kota lainnya. Karena sebagian besar santri yang mondok berasal dari kalangan tidak mampu, KH.Ahmad Husnan Abdullah tidak ingin santri bekerja tetapi menggangu aktivitas mengaji, lalu beliau berfikir dan mendapatkan inspirasi ide yaitu dengan membuat jamu tradisional karena beliau berpengalaman membuatnya. Hal tersebut terjadi pada tahun 1992 M, membuat jamu dengan merk jamu Al Hikmah dan produk tersebut banyak diminati oleh masyarakat.

Hal tersebut merupakan salah satu UMKM yang di miliki pondok pesantren. Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi dahulu merupakan sebuah bangunan langgar, satu asrama putra dan putri, tetapi dengan hasil keistiqomahan dan kegigihan KH. Ahmad Husnan Abdullah pesantren mengalami perkembangan yang pesat antara lain memiliki tanah sebanyak 1.471 M2 serta santri sebanyak 607 santri. Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi memiliki pendidikan jenjang formal yakni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al Ibrohimi serta perguruan tinggi.

Untuk Pendidikan non formal meliputi Madrasah Diniyah, dan Tahfidz Quran. Pada peletakan batu pertama dibuka oleh Presiden Republik Indonesia ke 4 yakni KH. Abdurrahman Wahid pada tanggal 27 Juni 2004. Dalam bidang pendidikan pesantren memiliki tujuan yakni membentuk manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, berilmu, berpengetahuan dan mampu hidup mandiri di tengah masyarakat.

Pendiri
KH. Ahmad Husnan Abdullah

Pengasuh
1. KH. Ahmad Husnan Abdullah
2. KH. Ali Wafa Husnan

Pendidikan

Unit Pendidikan Formal: 
1. Pondok pesantren
2. TPQ dan TPA
3. Madrasah Diniyah
4. Ma'had Aly
5. SD IT
6. MTs
7. MA


Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Banjari
4. Qiroah
5. Futsal
6. Menjahit
7. Tata Boga
8. Pencak Silat ( Pagar Nusa )
9. Voli
10. Badminton
11. Kaligrafi


Baca Al-Qur'an di pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi


Pelatihan komputer di pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Gedung milik sendiri
2. Pondok pesantren putera dan puteri terpisah
3. Aula
4. Perpustakaan
5. Kantin
6. Bebas uang pangkal dan uang pangkal
7. Beasiswa bagi siswa dan siswi berprestasi
8. Beasiswa bagi siswa dan siswi bagi yang kurang mampu
9. Tenaga pengelola dan pendidik lulusan Al-Azhar, UGM, UNY, UNESA, UIN, dan banyak lainnya.
10. Mushola
11. Laboratorium IPA (Biologi, Kimia, dan Fisika )
12. Laboratorium Bahasa


Gedung pesantren di pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi


Gedung pesantren di pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi

Alamat

Manyarejo, Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Kode Pos:  61151

Telepon:     (031) 70420814

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.