Pesantren Al Falah Bobosan, Banyumas

Pesantren Al Falah Bobosan, Banyumas

Profil
Pada tahun 1997 tepatnya di PP Ath-Thohiriyah, Parakanonje, Desa Karangsalam Kidul Kecamatan Kedungbanteng, Ustadz Imam Mujahid didukung keluarga besar PP. Ath-Thohiriyyah membuka pendidikan al-Qur’an metode Qiraati dengan cara mengumpulkan anak-anak desa untuk belajar al-Qur’an. Sarana Belajar yang digunakan masih menggunakan aula PP. Ath-Thohiriyyah yang dibagi menjadi beberapa kelas yang dipisah dengan sekat papan.

Saat itu pembelajaran dibantu beberapa ustadz dan ustadzah pilihan.
Jumlah santri terus bertambah sehingga membuat pendidikan ini dijalankan secara resmi sebagaimana TPQ pada umumnya. Kegiatan pembelajaran di Aula PP. Ath. Thohiriyyah kurang lebih berjalan selama 10 tahun. Untuk pertama kalinya diadakan Khataman Al-Quran pada tahun pelajaran 2000-2001, yang diikuti oleh 10 Santri. Kemudian untuk tahun 2001-2003 pesertanya sebanyak 14 Santri, tahun 2003-2004 sebanyak 9 santri, 2004-2005 sebanyak 10 Santri, 2005-2006 sebanyak 6 Santri, 2006-2007 sebanyak 10 Santri.

Selain itu beberapa santri yang bermukim di PP. Ath-Thohiriyyah juga belajar denga metode Qiraati sebagai awal pembelajaran Al-Quran.
Pada tahun 2005-2006 atas anjuran dari Ustadz Bunyamin selaku Koordinator Qiraati Pusat Semarang agar mendirikan bangunan tersendiri, dengan tujuan kegiatan pembelajaran Al-Quran dapat berjalan dengan lancar dan lebih tertib, selain itu agar tidak berbenturan dengan kegiatan yang berlangsung di PP. Ath-Thohiriyyah.

Dengan bantuan masyarakat desa Karangsalam Kidul beserta beberapa wali santri, pada tahun 2006 mulai membuat bangunan sementara yang terbuat dari papan dan bambu di atas tanah yang dibeli pada tahun 2005. Untuk sementara itu yang menjaga bangunan adalah Mbah Wasilun, selain menjaga beliau juga memanfaatkan tanah yang masih kosong untuk bercocok tanam. Untuk pembayaran tanah dicicil dari tahun 2005 sampai 2008 dibantu oleh beberapa dermawan.

Pada tahun 2006, pembelajaran TPQ masih berada di PP. Ath-Thohiriyyah, karena di tempat ini bangunannya masih berupa rumah kayu, akan tetapi kegiatan masyarakat sudah berlangsung dan berjalan pada tahun itu juga. Pada pertengahan tahun 2006 Ustadz Imam Mujahid mendapat bantuan dari Pemkab Banyumas untuk membuat pondasi bangunan permanen yang terdiri dari 3 ruangan dengan luas 72 M2.

Pemasangan batu pertama pondasi dilakukan oleh H. Ahmad Sutarno dari Parakan Onje, sedangkan untuk pembangunan selanjutnya dibiayai oleh H. Machfud Ashari dan beberapa masyarakat yang mulai menyumbang untuk penyelesaian bangunan permanen tersebut. Hingga tahun 2007 listrik mulai diinstalasi di bangunan tersebut diprakarsai dan dibiayai oleh Kelompok Budidaya Ikan Karang Salam Kidul yang dipimpin oleh Bapak Khusnan.

Pada tahun 2007 kegiatan belajar mengajar TPQ mulai berjalan di Bangunan, yang kemudian wilayah ini dinamai dengan nama Pondok Pesantren Al-Falah atas Anjuran dari KH. Nurul Huda Djazuli selaku Pengasuh PP. Al-Falah Ploso Kediri.

Pendidikan
Pendidikan Formal:
A. TKQ
B. SDIQ

Pendidikan Informal:
1. TPQ Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jl. KS.Tubun No. 1B Bobosan No. Telp. (0281) 7902997- Purwokerto Utara-Banyumas
 


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.