SMA Al-Muayyad Surakarta

SMA Al-Muayyad Surakarta

Profil

Dunia pendidikan di Indonesia berkembang cepat. Kurikulum dan sistem pendidikan juga cepat berubah, karena masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat dunia juga berubah.  Era pertanian tergeser oleh era industri.  Dan kini era informasi mulai mengubah wajah industri: dari industri dengan teknologii sederhana (appropriate technology) ke industri dengan teknologi tinggi (high technology atau disingkat hitech).

     Budi luhur dan ilmu pengetahuan yang luas sangat penting untuk menjangkau hidup yang layak. Dan kini hanya yang hidup layak yang memiliki kesempatan luas untuk mewarnai kehidupan.

     Dalam situasi yang terus berubah itu, Al-Muayyad harus tanggap. Pendirian SMA Al-Muayyad tak bisa dielakkan. Dengan SMA, Al-Muayyad mengharapkan agar para santri lebih memahami ilmu pengetahuan (sains), dan kelak tidak canggung menghadapi perkembangan masyarakat. Karena semua siswa SMA juga harus belajar di Madrasah Diniyyah,  maka siswa SMA bisa memperoleh bekal ilmu agama Islam yang lebih mendalam. Semua itu dalam lingkungan pondok pesantren yang mendidik santri untuk hidup mandiri, bertanggung jawab, dan berakhlaq mulia.

     Setelah melewati masa pembahasan yang lama sejak tahun 1988, maka pada bulan Nopember 1991 Yayasan menunjuk Kepala Bagian Madaris,  Ustadz H.M. Masykur Sulaiman,  untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hasilnya, Kepala Kantor Wilayah  Departemen Pendidikan & Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah menerbitkan Surat Persetujuan/Ijin Pendirian nomor: 250/I 03/I/1992, tertanggal: 26 Pebruari 1992. Dan Rapat Yayasan tang-gal 19 April 1992 menunjuk  Ustadz Drs. M. Dian Nafi’ sebagai Kepala Sekolah.

     Tanggal 26 Pebruari 1992 itulah yang dinyatakan sebagai Hari Lahir SMA Al-Muayyad. Dan sejak  tahun ajaran 1992/1993 SMA ini mulai menerima siswa dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.

     Tahun pertama menampung 70 siswa. Berikutnya jumlah peminat melebihi daya tampung,  sehingga perlu diseleksi. Dari hasil seleksi dari tahun ke tahun semakin banyak yang terpaksa tidak bisa di terima.

 

Info Sekolah
SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA
 
 
NPSN 20327936
NSS 304036101077
Nama SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA
Akreditasi Akreditasi B
Alamat JL. KH. SAMANHUDI NO. 64
Kodepos 57142
Nomer Telpon 0271720136
Nomer Faks -
Email sma.almuayyad@gmail.com
Jenjang SMA
Status Swasta
Situs www.sma-almuayyad.sch.id
Lintang -7.567486410846595
Bujur 110.80096811056137
Ketinggian 100
Waktu Belajar Sekolah Pagi
 
 
 
 
Lokasi Sekolah
SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA
Kota Kota Surakarta
Propinsi Jawa Tengah
Kecamatan Laweyan
Kelurahan Purwosari
Kodepos 57142

 

Visi & Misi

VISI

SMA Islam Ahlussunnah wal-Jama’ah berkeunggulan yang lulusannya cerdas dalam berpikir, dewasa dalam bersikap, santun dalam bertindak, dan dapat berperan serta dalam kehidupan demokratis masyarakat Indonesia.  

MISI

  1. Terselenggaranya pembelajaran setingkat SMA yang berkualitas di dalam lingkungan Pondok Pesantren Al-Muayyad.
  2. Berkembangnya potensi peserta didik di bidang keilmuan, kepribadian, dan keterampilan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.
  3. Terbiasakannya pola hidup terpelajar di kalangan warga sekolah sebagai bekal berperan serta dalam masyarakat kewargaan Indonesia.

  TUJUAN

Tujuan SMA Al-Muayyad sejalan dengan Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu ikut “mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Dan Tujuan Pendidikan Menengah, yaitu “meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.” Sesuai dengan Visi, Misi dan keberadaannya sebagai sekolah menengah di Pondok Pesantren, maka secara khusus SMA Al-Muayyad bertujuan menjadikan lulusannya agar:

  1. Bertaqwa kepada  Allah SWT, ber-akhlaqul-karimah, dan teguh kepada kemaslahatan masyarakat, bangsa, dan negara.
  2. Berjiwa santri yang bercirikan  memiliki kemampuan dasar di bidang: Al-Quran, syari’at Islam Ahlussunnah wal-Jama’ah, organisasi, dakwah islamiyah, dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Memiliki bekal ilmu dan pengetahuan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.*)

 

Fasilitas

Masjid, Pesantren, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

https://i.ytimg.com/vi/3Qvu5DD5sUs/maxresdefault.jpg


  1. Pidato/Khithabah/Presenter
  2. Tilawatul Qur’an
  3. Tata Boga
  4. Teknisi Komputer
  5. Conversation (Percakapan Bahasa Inggris)
  6. Karya Tulis
  7. Nasyid dan Hadrah
  8. Muhadatsah
  9. Olahraga
  10. Diskusi Agama
  11. Pramuka
  12. PMR
  13. Paskibra
  14. OSIS
     

Alamat

Jl. KH. Samanhudi 64, Mangkuyudan, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta,
Telepon: +62-271-720136
Fax : +62-271-720146
Kode Pos: 57142

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : http://sma-almuayyad.sch.id  



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni SMA Al-Muayyad Surakarta