Erdogan: Kita Lanjutkan!

 
Erdogan: Kita Lanjutkan!

Twitter resmi Erdogan mentwit singkat kata Erdogan yang berarti “Lanjutkan!”, sebuah sinyal tegas akan kemenangan kubu Erdogan terhadap hasil pemilu Turki kali ini.

Erdogan melaju tak terbendung, sesuai hasil awal memperlihatkan presiden petahana Turki Recep Tayyip Erdogan meraih 52,7 persen suara dalam pemilihan presiden setelah 96,5 persen suara dihitung menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, Minggu (24/6).

Tertinggal lebih dari 20 persen suara, pesaing utama Erdogan dalam pemilihan presiden, Muharrem Ince dari kubu utama oposisi Partai Rakyat Republik, mengantungi 30,7 persen suara.

Dalam pemilihan anggota parlemen, Partai Pembangunan dan Keadilan, yang memerintah saat ini, memperoleh 42,5 persen suara setelah 96,5 persen suara dihitung menurut siaran kantor berita Xinhua.

"Rakyat kita telah memberi kami tugas untuk memikul jabatan presiden dan pos eksekutif," kata Erdogan (64) di dalam pesan singkat nasional, bahkan saat kertas suara masih dihitung.

"Saya harap tak seorang pun meragukan hasilnya dan membahayakan demokrasi untuk menyembunyikan kegagalan mereka sendiri," katanya.

Diprediksi Erdogan akan dapat mengkonsolidasikan kekuatan politiknya dengan baik setelah memenangkan pemilu presiden dan partainya dapat menguasai mayoritas suara parlemen.