Pesantren Darussalam Surabaya

Pesantren Darussalam Surabaya

Profil
Pondok pesantren Darussalam , merupakan pondok pesantren semi-modern yang memiliki sejarah perkembangan yang cukup panjang. Berawal dari sebuah impian seorang alim ulama’ al-‘Arif billah K.H Nur Fadhil, hingga akhirnya dapat direalisasikan oleh cucu beliau dan mengalami perkembangan yang pesat di tangan cicit beliau hingga saat ini.

Cikal bakal berdirinya pondok pesantren ini, tidak lepas dari peran dan kiprah K.H Nur Fadhil. Beliau adalah seorang petani yang juga mengabdikan diri sebagai penerus perjuangan para Nabi dan Wali Allah dalam menyebarkan ilmu agama, sebagaimana para leluhur beliau. Didukung oleh seorang istri sholehah bernama Muzayyanah, beliau memulai perjuangan di sebuah musholla sederhana yang berada di daerah Keputih.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat semakin tahu akan kealiman dan ketawadhuan beliau, maka semakin banyaklah murid yang menimba ilmu di musholla yang sekarang bernama musholla Nur Fadhil tersebut. Melihat tekad dan semangat murid-murid beliau, maka terbersitlah keinginan untuk memberikan pengajaran (ta’lim) dan pendidikan (tarbiyah) yang lebih maksimal, dengan cara mendirikan lembaga dengan sistem pengajaran yang lebih dari sekedar sistem sorogan, yang mampu menaungi murid-murid beliau sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka, terbentuklah YAPITA pada tahun 1950-an yang hingga kini masih dan akan terus berdiri tegak.

ViSi dan MiSi
Visi
Menjadi sumber pencerahan bagi tercapainya sumber daya manusia yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan Negara

Misi
1. Penanaman keimanan, ketaqwaan kepada Allah dan pembinaan akhlak mulia.
2. Menghasilkan sumber daya muslim yang mengusai ilmu pengetahuan keislaman multikultur berhaluan Islam Alussunah wal Jamaah An-Nahdhiyyah.
3. Menjadi fasilitator bagi berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
4. Menghasilkan sumber daya nasionalis yang berkomitmen mangamalkan dan memajukan nilai-nilai Islam di dalam berbangsa dan bernegara
5. Mengembangkan unit-unit usaha produktif guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, baik yang bersifat material maupun spiritual.

Pendidikan
Pendidikan Formal:
SMP dan SMA YAPITA
Pendidikan Informal :
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Al-Qur'an


Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jl. Arif Rahman Hakim No 09 Keputih  Sukolilo 
Surabaya Jawa Timur 
(Lokasi Dekat Kampus ITS, Hang Tuah, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Wr. Supratman, Unair Kampus C Surabaya)
Telepon
(031) 5932378 | 081216653185
untuk informasi pendaftaran hubungi: http://www.darussalamkeputih.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.