Lautan Jamaah Jubah Putih Tarekat Naqsyabandiah Aceh Ikut Tawajuh Akbar

 
Lautan Jamaah Jubah Putih Tarekat Naqsyabandiah Aceh Ikut Tawajuh Akbar

 LADUNI I AGAMA- Ribuan jamaah berjubah putih dalam acara tawajuh akbar memadati Masjid Po Teumeruhom komplek Dayah MUDI Masjid Raya yang dilaksanakan setelah shalat Isya berjamaah, Kamis (Malam Jumat), (9/8/2018).

Menurut panitia pelaksana Tawajuh Akbar Tgk. Said Fadhil acara ini dalam programnya akan di pimpin oleh Al-Mukarram Syaikhuna Al-Mursyid H. Hasanoel Basri HG atau populer disapa Abu MUDI namun beliau berhalangan dan diganti oleh wakil mursyid Abiya Muhammad Baidhawai.

"Berhubung Al-Mukarram Syaikhuna Al-Mursyid H. Hasanoel Basri HG (Abu MUDI) berhalangan,  maka Tawajuh Akbar ini digantikan oleh wakil mursyid Abiya Muhammad," kata Tgk. Said Fadhil dalan pengarahannya dihadapan jamaah tawajuh.

Selanjutnya, sebelum dilakukan tawajjuh Akbar Wakil Mursyid Abiya Muhammad menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan metode pelaksanaan tawajuh di hadapan ribuan jamaah yang memadati masjid tersebut.

"Tawajjuh merupakan zikir dengan beberapa cara yang mesti dilaksanakan oleh para jamaah suluk, mulai isighfar hingga rabitah kubur dan mursyid," papar Abiya Muhammad yang juga ulama tasawuf muda Aceh itu.

Sementara itu pantauan tim laduni.id di tempat acara tawajuh akbar, sebagian jamaah tawajuh akbar terpaksa harus rela duduk di luar Masjid bersejarah itu bahkan jamaah yang hadir datang dari beberapa kabupaten termasuk Pidie Jaya.

"Benar para jamaah tawajuh akbar bukan hanya dari sekitar Samalanga bahkan dari kabupaten lainnya di Aceh," pungkas Abah Iswadi Arsyad salah seorang dewan guru senior dayah MUDI Masjid Raya Samalanga itu.