Syekh H. Hanafiah Abbas #3: Misteri di Balik Sumur Tua Teungku Abi

Syekh H. Hanafiah Abbas #3: Misteri di Balik Sumur Tua Teungku Abi

LADUNI. ID I PROFIL-  Sosok Teungku Syiek Di Samalanga II (Tgk. H. Hanafiah bin Abbas atau lebih dikenal dangan panggilan Teungku Abi) yang merupakan pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga setelah abang ipar beliau Tgk. H. Syihabuddin bin Idris meninggal pada tahun 1935. 

Waktu terus berotasi dan jumlah santri pada masa beliau ada peningkatan menjadi 200 orang dengan rincian 150 orang putra dan 50 orang putri. Bangunan bangunan asrama dan balai belajar tidak berbeda dengan yang ada pada masa pimpinan sebelumnya. Pada masa kepemimpinan beliau, tampuk kepemimpinan sempat dialihkan kepada Tgk. Muhammad Shaleh selama dua tahun di saat Teungku Abi hendak ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Salah satu hal yang membuat nama Teungku Abi (Teungku Chiek Di Samalanga II) selalu terdengar hingga sekarang adalah sumur yang dido’akan oleh Teungku Abi hingga sekarang menjadi sumber air minum bagi santri-santri yang belajar di dayah MUDI Mesra.

Sumur ini dido’akan oleh Teungku Abi agar layak diminum oleh santri dan menyehatkan. Alhamdulillah, Santri dayah MUDI tidak perlu memasak air atau membeli air minum isi ulang karena air sumur yang dido’akan oleh Teungku Abi cukup untuk seluruh santri MUDI yang kini mencapai 7000 orang bahkan lebih. 

Dulunya sumur ini dapat dilihat dengan jelas, namun setelah perluasan Mesjid Raya Samalanga pada awal 2010, sumur ini sedikit tertutup karena sudah masuk dalam bagian mesjid. Walau demikian, sumur ini tidak diganggu dan masih difungsikan hingga sekarang.