Syekh H. Hanafiah Abbas #6: Ulama Terkenal Zuhudnya

Syekh H. Hanafiah Abbas #6: Ulama Terkenal Zuhudnya

LADUNI.ID I ULAMA- Sosok ulama zuhud dan sederhana tentunya sudah menjadi darah daging Teungku Chiek Di Samalanga (II) Syekh H. Hanafiah Abbas. Keteladanan ini patut di teruskan oleh generasi selanjutnya, bukan hanya  dikenal san tenar Teungku Abi dikenal sebagai sosok yang zuhud dan hidupnya sederhana namun beliau juga sering berkhulwah (mengasingkan diri) memfokuskan diri dalam beribadah kepada Allah Swt.

Teungku Chiek Di Samalanga ini yang populer dengan Tgk. Abi juga sering berpuasa. Salah satu kebiasaan Teungku Abi, beliau selalu berbuka puasa di dayah dan mengajak santri menemaninya setelah Ummi Juwairiyah menyiapkan makanan buka puasa kepada Teungku Abi, makanan itu selalu dibawanya ke dayah agar suasana keakraban dengan santri lebih terasa.

Salah satu kisah menarik lainnya, apabila ada orang yang menyumbangkan kain sarung kepada Teungku Abi, beliau akan memakainya walau hanya satu kali. Setelah itu sarung-sarun itu dihadiahkan kepada orang lain. Teungku Abi juga memiliki gaji karena menjabat jabatan Qadhi.

Ketokohan dan ulama tidak menghalangi Tgk. Abi untuk memegang jabatan di pemerintah dalam hal ini sebagai qadhi. Jabatan qadhi ini wilayahnya sedikit lebih besar dari KUA karena mencakup wilayah Samalanga, Ulim dan Peudada. Setiap tanggal 5 awal bulan yang biasanya Tgk. Abi gajian, banyak masyarakat yang datang ke rumah Tgk. Abi karena mereka sudah tau Tgk. Abi akan membagi-bagikan gajinya kepada masyarakat.