IAI Al-Aziziyah Samalanga #4: Mercusuar Ilmu Menuju Go Internasional

IAI Al-Aziziyah Samalanga #4: Mercusuar Ilmu Menuju Go Internasional

LADUNI. ID I PENDIDIKAN- Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga merupakan perguruan tinggi swasta kedua di Aceh setelah Institut Agama Islam (IAI) Al Muslim Bireuen yang mampu meraih status Institut setelah sebelumnya sejak diresmikannya pada 2003 perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah Samalanga.

IAI Al-Aziziyah Samalanga mempunyai misi yang ditempuh dalam jangka panjang berdasarkan pada visi di atas, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah mengembangkan misi sebagai berikut:

pertama,menyelenggarakan pendidikan Islam dengan menitik beratkan pada metode berfikir secara kritis dan ilmiah.

Kedua,  Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui kinerja internal dan eksternal. Ketiga, memberikan layanan kepada civitas akademika dan masyarakat dalam menggali ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Keempat, Menyediakan bahan bacaan yang representatif  dan berbagai sarana lain yang dapat menunjang proses pendidikan secara maksimal Disamping itu secara umum,  Institut Agama Islam Al-Aziziyah bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai manifestasi dari tri-dharma perguruan tinggi dalam berbagai disiplin ilmu.

Tentunya dengan kehadiran Institut Agama Islamini diharapkan mampu mempersiapkan generasi pesantren dan juga masyarakat lainnya supaya siap menghadapi tantangan global.

Bukan hanya itu Institut Agama Islam  (IAI) Al- Aziziyah Samalanga berusaha menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan Sarjana Agama yang memiliki pengetahuan dan kepekaan dalam memahami realitas keagamaan dan mampu  dalam masyarakat.

Menyeleggarakan  kegiatan  akademik dalam rangka mendalami dan mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori hukum Islam serta menyampaikannya (dakwah) kepada ummat. serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama Islam dan teknologi yang bernafaskan Islam.

Disamping itu secara umum,  Institut Agama Islam Al-Aziziyah bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai manifestasi dari tri-dharma perguruan tinggi dalam berbagai disiplin ilmu.

Dengan kehadiran Institut Agama Islamini diharapkan mampu mempersiapkan generasi pesantren dan juga masyarakat lainnya supaya siap menghadapi tantangan global.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Pemerhati Pendidikan dan Keagamaan Asal Aceh