Pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin Pati

Pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin Pati

 Profil
Pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin ( RIMA ) direncanakan akan selalu berupaya menanggapi kecenderungan masyarakat tersebut dengan membuka progam – progam medifikasi pesantren tradisional seperti : sorongan, wetonan, bandingan, semaan yang khusus untuk mengkaji berbagai persoalan keagamaan yang sedang dan yang akan dialami masyarakat pesantren RIMA juga akan mengembangkan metodologi – metodologi yang baru untuk melengkapi serta menambah wawasan keilmuannya.

Karenanya, lembaga ini akan menyelenggarakan progam – progam sendiri yang berbeda dengan lembaga – lembaga kajian agama yang sudah ada. Pendeknya, Pesantren Rima ingin ikut ambil bagian dalam upaya merealisasikan para pembaharu yang mengidamkan pemahaman dan penguasaan keagamaan secara kompeehensif ( menyeluruh terpadu ) dan inklusif ( terbuka ). Pesantren RIMA akan mendukung gagasan – gagasan proaktif, terutama pembinaan umat yang bercorak pencerahan dengan memakai pendekatan psikologis spiritual santri untuk melatih potensi nalar dan Akhlaqul Karimah.

Pesantren RIMA berdiri ditengah – tengah masyarakat yang beraneka ragam, dengan kondisi masyarakat yang relatif terpelajar serta dunia santri yang diembannya, yaitu : Desa Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Desa tersebut letaknya begitu strategis dengan memiliki lebih dari 30 Pesantren dan 4 Madrasah, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai salah satu pusatkajian yang menampilkan kegiatan – kegiatan khusus serta mendukung bagi proses penguatan islam dan civis siciety, sesuai dengan harapan umat dan tuntunan zaman.

Progam – progam  pesantren RIMA  dalam periode mendatang akan lebih berkonsetrasi kepada pembinaan kecerdasan umat, dengan menggunkan fasilitas teknoloi modern seperti internet dan sumber daya manusia profesional. Pesantren RIMA berobsesi untuk menciptakan kegiatan yang dapat dijadikan trend untuk pesantren – pesantren atau forum – forum kajian keagamaan dan kemasyarakatan di Indonesia.

VISI dan MISI
Terbentuknya sikap pribadi muslim yang ideal “ Musli, robbu radliya “ yang seimbang iman, ilmu, dan amal yang secara serius menghayati nilai – nilai agama Islam dan kemasyarakatan dalam peri kehidupan serta mampu menjadi rahmat bagi sekalian alam.

MOTTO
Mengembangkan yang baik, memperjuangkan yang lebih baik, dan mempersembahkan yang terbaik.

TUJUAN
1. Menciptakan generasi yang handal dan mampu mengembankan serta memperdalam wawasan keagamaan umat
2. Memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya santri, tentang agama islam secara terpadu, sistematis, dialogis, dan aktual
3. Memperdalam khasanah ilmu pengetahuan klasik islam
4. Meningkatkan hubungan silaturrahmi antara sesama santri dan masyarakat lainnya
5. Meningkatkan peran dan fungsi pesantren sebagai lembaga keagamaan dan sosial dalam bidang pemberdayaan masyarakat

Pendidikan
1. MI
2. MTs
3. MA
4. SMK
5. Kepesantrenan
6. Madrasah Diniyah
7.Tahfidz Al-Qur'an

Fasilitas
Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Kajen Margoyoso Pati Jateng kode pos 59154 telp. 0295 4150737
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://www.salafiyahkajen.com


 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin Pati