Sholat Sunnah Tahajud Beserta Waktu Pelaksanaannya

 
Sholat Sunnah Tahajud Beserta Waktu Pelaksanaannya
Sumber Gambar: KibrisPdfsandipo

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam agama Islam, bukan hanya ada sholat wajib saja, tetapi juga ada sholat sunnah. Setiap sholat sunnah memiliki amalan pahalanya masing-masing. Dari sekian banyak sholat sunnah, salah satu sholat sunnah yang mengandung pahala yang cukup banyak adalah sholat tahajud. Sholat tahajud dilakukan di sepertiga malam.

Namun, terkadang masih ada beberapa umat muslim yang masih bingung tentang waktu sholat tahajud jam berapa. Dengan kata lain, waktu sepertiga malam yang dimaksud masih sangat beragam. Meski begitu,  tak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas sholat tahajud jam berapa beserta sholat sunnah lainnya. Sebelum membahas pengertian sholat tahajud, ada baiknya kita membahas pengertian sholat terlebih dahulu. Shalat merupakan ibadah wajib bagi seluruh umat muslim di dunia yang telah baligh. Ibadah shalat ini bahkan diwajibkan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan ataupun sedang sakit. Dalam agama Islam, shalat bahkan dikatakan sebagai tiang agama. Shalat juga merupakan amalan pertama yang akan dihisab di akhirat bagi umat muslim.

Shalat merupakan rukun Islam setelah syahadat. Oleh karena itu, tentu saja, sholat adalah hal yang sangat penting untuk ditegakkan setiap umatnya agar agama Islam tetap berdiri di muka bumi. Tak dapat dipungkiri, ada kalanya ketika menunaikan shalat fardhu ada yang tidak khusyuk, sehingga dirasa kurang sempurna. Maka dari itu, kita perlu menambah shalat Sunnah yang berharap bisa menyempurnakan sedikit sholat wajib kita yang kurang tersebut.

Selain ibadah wajib, shalat yang berjumlah 5 waktu dalam sehari, dalam agama Islam terdapat deretan ibadah shalat sunah yang bisa dikerjakan untuk memetik pahala lebih, atau bahkan dikerjakan sesuai dengan momen dan kebutuhan. Keberadaan shalat sunnah menjadi bentuk usaha manusia dalam menyempurnakan ibadah wajibnya. Selain itu, melalui sholat sunnah, kita juga dapat memohon ridho dan ampunan Allah SWT atas segala perbuatan yang telah lalu, serta memohon kemudahan untuk melangkah ke depannya. Beberapa sholat sunnah yang terdiri dari dua rakaat, seperti shalat dhuha, sholat tahajud, dan sebagainya.

Jumhur ulama mengatakan bahwa sholat sunnah termasuk ibadah badaniyah yang paling afdhal daripada ibadah lain yang tidak wajib. Salah satu ulama yang menyampaikan hal ini adalah Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah dalam Kitab Tuhfatul Muhtaj Fi Syarhil Minhaj jilid 2. Sholat sunnah dua rakaat terdiri dari beberapa jenis, mulai dari rawatib hingga istikharah. Sholat sunnah biasa dikerjakan umat Islam di luar ibadah wajib, misal sholat fardhu lima kali sehari. Shalat tahajud sebagai salah satu shalat malam. Para ulama sudah sepakat minimal tahajud adalah dua rakaat. Ulama mazhab berbeda pendapat tentang jumlah maksimum rakaattahujud,menurut mazhab Hanafi adalah 8 rokaat jumlah maksimumnya. Imam malik beliau berpendapat 10 rakaaat atau 12 rakaat, sedangkan menurut Mazhab syafi’dan Hambali jumlah rakaat tahujjud yakni tiada batas.
( Kitab al-mausu'ah fiqhiyyah).

Salah satu ibadah sunnah yang amat disukai Allah SWT adalah sholat tahajud. Karena yang akan mengangkat derajat hamba-Nya yang mengerjakan shalat tersebut di sepertiga malam. Sholat tahajud merupakan shalat sunnah paling utama.
Disebutkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:
Artinya: “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.” (HR. Muslim).

Doa yang dipanjatkan dalam shalat tahajud adalah doa yang paling didengarkan oleh Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat, yaitu:
Dari Abu Umamah, ia berkata: Rasulullah ditanya, “Wahai Rasulullah, doa apakah yang paling didengar?” Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

Perintah melaksanakan sholat Tahajud ini sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra 17:79 sebagai berikut:



وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا (٧٩)

Waminallaili fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa ayyab’atsaka rabbuka maqomam mahmuuda

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra 17:79).

Jumlah rakaat sholat tahajud paling sedikit dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Sholat ini juga dapat dikerjakan satu malam suntuk. Bacaan dalam Sholat Tahajud adalah surat pendek.

Rasulullah SAW mengerjakan sholat tahajud dengan membaca surat pendek.
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, dari Aisyah ra. ia berkata, “Apabila bangun pada malam hari, Rasulullah SAW memulai shalat malamnya dengan mengerjakan sholat yang ringan, yaitu dengan bacaan surat yang pendek.” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi).

Keutamaan Sholat Tahajud
Sholat tahajud memiliki berbagai keutamaan. Sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari ini dapat membawa ke tempat terpuji dan mulia di sisi-Nya. Sholat tahajud yang dikerjakan dengan penuh keikhlasan akan menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.

Di antara waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa yakni sepertiga malam. Sholat tahajud adalah satu di antara waktu tersebut. Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dari hamba kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:
“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim).

Berikut ini beberapa keutamaan sholat tahajud.
1.Penghapus dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.
2.Menjadi amalan yang dapat membantu seorang hamba di akhirat nanti.
3.Menghilangkan rasa malas.
4.Dapat mengusir setan.
5.Diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Waktu Shalat Tahajud
Sholat tahajud dapat dikerjakan setelah shalat isya hingga masuk waktu subuh yakni saat terbit fajar. Waktu mengerjakan sholat tahajud dibagi menjadi tiga bagian, berikut pembagian waktu sholat tahajud:
1.Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 20:30 sampai dengan jam 23:00.
2.Sepertiga kedua, yaitu kira kira dari jam 23:00 sampai dengan jam 1:30 dini hari.
3.Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1.30 dini hari sampai dengan masuknya waktu subuh. Waktu ini adalah saat yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Salah satu ibadah sunnah yang amat disukai Allah adalah sholat tahajud. Dia akan mengangkat derajat hamba-Nya yang mengerjakan shalat tersebut di sepertiga malam. Sholat tahajud merupakan shalat sunnah paling utama.
Disebutkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:
Artinya: “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.” (HR. Muslim).

Di antara waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa yakni sepertiga malam. Sholat tahajud adalah satu di antara waktu tersebut. Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dari hamba kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim).

Secara umum, tata cara sholat tahajud sama seperti sholat pada umumnya. Hanya saja, sholat tahajud dilakukan dengan syarat tidur terlebih dahulu.
Berikut urutannya :
1.Tidur terlebih dahulu 
2.Membaca niat sholat tahajud 
3.Takbiratul ihram diikuti doa iftitah 
4.Membaca surat Al Fatihah 
5.Membaca surat dalam Al-Qur’an 
6.Rukuk 
7.Itidal 
8.Sujud 
9.Mengulang gerakan seperti rakaat pertama 
10.Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua 
11.Salam.

Niat Sholat Tahajud
Berikut bacaan niat sholat tahajud:
Bacaan latin :  “Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.”
Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Dalam kitab Hasyiah Bajuri,berbunyi :”Tahajjud secara bahasa adalah bangun dari tidur yang berat. Sedangkan menurut istilah adalah shalat yang dilakukan setelah shalat isya (walaupun shalat isya’nya dijama’ taqdim dengan maghrib) dan setelah tidur. Meskipun tidurnya sebelum memasuki waktu isya, (demikian pula dinggap sebagai tahajjud) walaupun shalat sunnah rawatib, sunnah mutlaq, witir. Juga  (bisa dinggap sebagai tahajjud) shalat wajib yang karena qadha atau nadzar” ( syaikh IbrahimAl-bajuri, Kitab Al-bajuri:1:133).

Demikian pembahasan tentang sholat tahajud, mulai pengertian, hingga sholat tahajud jam berapa.Semoga semua pembahasan dalam artikel ini, bermanfaat. Aamiin

 

___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada tanggal 06 September 2018. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan
Editor : Sandipo

Sumber Kitab al-mausu'ah fiqhiyyah,Kitab Tuhfatul Muhtaj Fi Syarhil Minhaj jilid 2,kitab Hasyiah Bajuri