Pesantren Darussalam Indramayu

Pesantren Darussalam Indramayu

Profil
Pendirian Pondok Pesantren DARUSSALAM ini bermula dari kondisi moral dan keagamaan masyarakat Sukalila dan sekitarnya yang pada saat itu (1990) telah mengalami kemerosotan, di mana praktek prostitusi di Sukalila dan sekitarnya sudah pada tarap yang memperihatinkan. Di samping kegiatan kristenisasi oleh para misionaris juga sudah mulai merebak di wilayah sekitar. Maka hal itulah yang memotivasi berdirinya pondok pesantren DARUSSALAM sebagai upaya untuk mempertahankan nilai-nilai moral dan keagamaan masyarakat melalui jalur pendidikan baik formil maupun non formil.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dasar, yaitu program wajib belajar sembilan tahun, Pondok Pesantren DARUSSALAM senatiasa bersikap proaktif dalam upaya mencerdaskan bangsa dengan berbasis kepada nilai-nilai luhur akhlaqul karimah. Sehingga diharapkan kelak akan tercetak generasi bangsa yang mempunyai kempetensi memadai dalam meneruskan perjuangan dan pembangunan bangsa.

Pertanyaan ini menyentuh hati terdalam. Organisasi-organisasi Islam besar dan kecil sibuk berebut kursi politik. Para ulama berebut kue kekuasaan. Maka tak heran, jika keterlantaran mereka tak pernah terjawab. Dalam kondisi semacam ini kami mendirikan Yayasan Ponpes DARUSSALAM yang bergerak di bidang pelayanan pendidikan, sosial, dan dakwah.

Visi dan Misi
I. Visi
Menuju terwujudnya Darussalam yang islamiy, ilmiy dan madani.

II. Misi
Sebagai sebuah institusi Pendidikan yang akan melahirkan pribadi-pribadi Muslim yang kaffah, berkarakter serta berjiwa kemandirian, maka misi Yayasan Pondok Pesantren DARUSSALAM dituangkan dalam beberapa misi sebagai berikut:
1. Mengembangkan pendidikan agama yang setara dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menanamkan fondasi keislaman yang kokoh berdasarkan al-Qur'an dan Sunnah.
3. Mencetak Sumber Daya Manusia Muslim/mah yang terampil dan berjiwa wiraswasta.
4. Membentuk pribadi Muslim yang berakhlakul karimah, mandiri dan terampil.

Pendidikan
TPA, MTs dan MA

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gudang
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

Ekstrakurikuler
1. Kepramukaan
2. Marching Band
3. Karate
4. Pidato/ Muhadhoroh (dalam bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris)
5. PMR
6. Keputrian (Tataboga, masak-memasak, menjahit, merias, dll.)
7. Pengajian Kitab Kuning (Ta’limul Muta’allim, Taqrib, Sullamut Taufiq, Tafsir Jalalain, Kifayatul Akhyar, Jurumiyah, Bidayatul Mujtahid, dll.)
8. Kursus-kursus Ketrampilan dan Kesenian (Komputer, Kaligrafi, Sablon, Seni Baca Al-Qur’an, Mengetik, Qosidah, Bahasa Arab/Inggris, dll.)

Alamat
Jl By Pass Sukalila Jatibarang Indramayu


 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.