Sebelum ke Madinah, Ini Kegiatan Jamaah Haji

 
Sebelum ke Madinah, Ini Kegiatan Jamaah Haji

LADUNI.ID | Banda Aceh ---Jemaah Haji Aceh kelompok terbang (kloter) 01 dan kloter 02 telah tiba di Madinah, Kloter pertama tiba, Rabu (5/9) pukul 23.00 Waktu Arab Saudi dan Kloter 02 juga telah tiba di Madinah, Jum'at (7/9).

Di Madinah jemaah haji melaksanakan ibadah sunnah Arbain selama 8 hari di Masjid Nabawi, ziarah ke Makam Nabi dan juga tempat bersejarah yang ada sekitar Kota Madinah.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh mengatakan sebelum berangkat ke Madinah, selain melakukan persiapan jemaah haji juga melakukan beberapa kegiatan.

"Untuk bergerak ke Madinah, Jemaah mesti sudah mempersiapkan diri dan telah selesai melaksanakan tawaf wada'," ujar Kakanwil.

Selain itu, jelang keberangkatan jemaah agar tidak lagi beribadah ke Masjidil Haram, "Tapi cukup beribadah ke masjid-masjid  terdekat dengan pemondokan/hotel tempat menginap untuk menghindari keterlambatan," sebut Kakanwil.

Menurut Kakanwil, visitasi jemaah juga dilakukan terkait pelayanan kesehatan rutin yang dilaksanakan di pos kesehatan kloter dan visit ke beberapa kamar  jamaah yang lanjut usia dan resiko tinggi.

"Ketua kloter berkewajiban menyampaikan laporan ke sektor, bersama Karom juga menandatangani berita acara pemberangkatan ke Madinah," lanjutnya.

Jemaah kita imbau menurunkan tas Koper ke lobbi hotel dan petugas kloter ditempatkan di bus sesuai kebutuhan.

"Kami mintakan supaya semua ketua kloter bekerja keras dan ekstra menuntaskan pemberangkatan sesuai jadwal dan senantiasa mengecek dan memastikan jumlah jamaahnya lengkap," ucap Kakanwil.

Bila ada satu orang saja dari Karu tidak lengkap, maka Karom tersebut akan ditunda dulu pemberangkatannya sampai jumlah jamaahnya terpenuhi, tutup Kakanwil.

Diinformasikan, jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter 03 akan bergerak menuju Madinah hari ini, Jum'at (7/9) pukul 16.00 WAS.[]