Kemenkominfo Anggarkan 38 M, Latih Lulusan SMA dan D3 Jadi Ahli IT

 
Kemenkominfo Anggarkan 38 M, Latih Lulusan SMA dan D3 Jadi Ahli IT

LADUNI.ID, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam Rapat Kerja Kemenkominfo dan Komisi I DPR di kompleks DPR/ MPR, Jakarta, Selasa (4/9), mengatakan di tahun 2019 akan menganggarkan dana sebesar Rp38 miliar untuk pengembangan sumber daya manusia, khususnya di bidang teknologi.

"[Dana untuk] Badan Penelitian dan Pengembangan SDM [sebesar] Rp38 miliar," ujar Rudiantara dalam rapat tersebut.

Rudiantara menjelaskan, dengan anggaran tersebut Kemenkominfo berencana untuk melatih sebanyak 20 ribu orang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Diploma (D3) agar mereka mendapatkan sertifikasi dan dapat langsung bekerja di bidang teknologi.

Dalam program pelatihan tersebut, para lulusan SMA dan D3 akan menjalani kursus selama tiga bulan, untuk mendukung kelancaran program ini Kemenkominfo menggandeng sejumlah universitas yang bakal melatih mereka. Selama tiga bulan mereka akan dibekali dengan pengetahuan untuk bekerja di industri teknologi.

"Jadi lulusan SMA dan D3 diberi pelatihan selama tiga bulan di perguruan tinggi, belajar koding, mungkin belajar artificial intelligence, poloknya belajar tentang teknologi," ungkap Rudiantara.

Ia mengklaim, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini masih belum berhasil disusul oleh pengembangan sumber daya manusia, yang menyebabkan kurangnya pekerja ahli di bidang teknologi.

"Jadi begitu selesai [pelatihan] dia bisa langsung kerja di dunia teknologi, karena kita kekurangan [tenaga ahli] nih, teknologinya maju jauh tapi sumber daya manusianya kurang cepat menyusulnya," imbuhnya.

Syarat-syarat untuk kandidat program ini rencananya bakal diumumkan pada tanggal 21 September mendatang di situs resmi Kemenkominfo.