STAIDA Gresik

 
STAIDA Gresik

PROFIL
STAIDA Gresik adalah suatu lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Al Munawwar Suci Manyar Gresik yang keberadaannya dilingkungan Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, di dalam lingkungan yayasan tersebut ada beberapa lembaga formal lain, mulai dari tingkat Dasar sampai Menengah yang antara lain; Raudlatul Athfal Muslimat (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Maka pada tahun 1998 untuk menampung siswa/ siswi yang telah lulus dari MA dan SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka pengurus yayasan bersama pemangku ponpes Daruttaqwa menggagas bersama ingin mendirikan sebuah perguruan tinggi, maka muncullah nama Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Manyar Gresik yang telah mendapatkan rekomendasi oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten Gresik tanggal 30 September 1998, Surat Rekomendasi Bupati tanggal 17 Oktober 1998, dan medapatkan Rekomendasi dari Kopertais Wilayah IV pada tanggal tanggal 16 Nopember 1999, maka Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA) mendapatkan Status “TERDAFTAR” untuk jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Kantor Departemen Agama RI. No. E/29/2000, tanggal 9 Maret 2000.

Selanjutnya pada tanggal 5 Nopember 2007 mendapat ijin perpanjangan operasional dari Departemen Agama Republik Indonesia melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor: Dj.I/428/2007. Selanjutnya pada tanggal 24 Mei 2012, medapatkan ijin perpanjangan operasional dari Kementerian Agama RI melalui SK. Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor; 593 tahun 2012.

Berangkat dari fenomena dan kebutuhan lingkungan dan masyarakat di bidang Ekonomi Syari’ah, STAIDA Gresik merasa ikut bertanggung jawab dalam menempa percepatan penyedia tenaga-tenaga professional di bidang ekonomi dengan mengedepankan faktor-faktor nilai keislaman, motivasi yang tinggi untuk membangun dan mengembangkan lembaga perekonomian umat, dan kesanggupan menghadapi berbagai tantangan dalam bidang ekonomi baik makro maupun mikro. Pada tanggal 5 April 2012 STAI Daruttaqwa Gresik telah mendapatkan Ijin Operasional Program Studi Ekonomi Syari’ah dari Kementerian Agama RI. Melalui SK. Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor; 51 tahun 2012.
PRODI
1.PAI
2.PGMI
3.PIAUD
4.EKONOMI SYARIAH

FASILITAS
Gedung Kuliah, Perpustakaan, satu lapangan futsal seluas, satu lapangan volley seluas, poliklinik, koperasi Lab Micro Teaching dan Lab Komputer dan Bahasa. Pada Lab Micro Teaching tersedia ruang AC, seperangkat audio visual, 24 meja kursi, camera CCTV, dua PC dan 1 unit printer,  satu unit infocus, dan satu cermin untuk praktek dan simulasi. Sementara pada Lab Komputer dan Bahasa tersedia 10 unit komputer, dua HAP Conector, satu audio visual, 10 meja kursi untuk mahasiswa dan dua kursi untuk tenaga tutor.
ALAMAT
Jl. KH. Syafi'i No. 08 Suci Manyar 61151 Gresik
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://staidagresik.ac.id/



 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.