Seyogianya Setiap Orang Punya Amalan yang Dilakukan Secara Istiqamah

 
Seyogianya Setiap Orang Punya Amalan yang Dilakukan Secara Istiqamah

LADUNI.ID, Jombang - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Jawa Timur KH Salmanudin Yazid menegaskan, setiap orang mestinya memiliki amalan atau amaliyah tersendiri yang kemudian diamalkan dengan istiqamah atau konsisten.

Amalan tersebut penting untuk menyiapkan dirinya saat hendak menghadapi sakaratul maut, lantaran setiap manusia tak bisa lepas dari kematian.

"Memang harus memiliki amalan-amalan yang dikerjakan dengan disiplin," ucapnya, seperti dilansir dari NU Online, Jumat (14/9/2018) di Kantor PCNU Jombang.

Dengan amalan yang dilakukan secara istiqamah itu, setidaknya akan ada tanda-tanda baik menurut kacamata manusia pada umumnya saat akan menghembuskan nafas terakhirnya. Seperti meninggal dalam keadaan bersujud, membaca Al-Qur'an, dan sejenisnya.

Ia menambahkan, amalan yang dimaksud tak harus berupa bacaan yang banyak, sebab prinsipnya adalah pada nilai konsistensi dari amalan tersebut yang dilakukan secara terus menerus. Misalkan surat Yasin dibaca setiap hari, tahlilan, shalawat dan sebagainya.

Kyai yang juga Pengasuh Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung ini lantas bercerita saat sang ibundanya akan wafat. Sang ibu diketahui wafat dalam keadaan baca surat Yasin. Meninggal khusnul khotimah karena keadaan baik dengan baca surat Yasin.

"Pas saat membaca ayat Salamun Qaulan min Rabbirrahim, kemudian wafat," ucapnya sembari mengatakan tidak bermaksud membanggakan atau pamer.

Selanjutnya saat yang sama dan lalu menemukan tulisan yang sama, Yasin sebanyak 41 selama masih hidup. "Ternyata ibu memiliki amalan surat Yasin yang dibaca 41 setiap hari," imbuh Gus Salman sapaan akrabnya.

Gus Salman memaparkan, ada banyak yang berbeda bahkan lebih dari yang mengalami bernyanyi ibundanya. Itu, dalam visi sudah pasti memiliki amalan atau ibadah yang dilakukan dengan istiqamah dan ikhlas menjalankannya.

"Ada juga yang dalam kondisi sujud. Dia pasti memiliki amalan-amalan diri yang dikerjakan dengan disiplin," jelasnya. Ketertiban dalam beribadah. (Sumber: NU Online)