Ini Kejadian Penting Hari Asyura #2

 
Ini Kejadian Penting Hari Asyura #2

LADUNI. ID I HIKMAH- Bulan Muharram sangat kelebihan dan keutamaannya. Kita dituntut hendaknya di bulan ini memperbanyak ibadah baik yang vertikal maupun horizontal. 

Pada bulan ini disamping banyak fadhilah amaliah yang dianjurkan oleh syariat juga ada beberapa peristiwa penting yang harus kita ketahui dan menjadi ibrah kepada kita Semuanya. Berikut untaian hadist yang mengupas fenomena tersebut :

وهو أول يوم خلق الله فيه الدنيا
وأول يوم نزل فيه المطر من السماء يوم عاشوراء وأول رحمة نزلت إلى الأرض يوم عاشوراء فمن صام يوم عاشوراء فكأنما صام الدهر كله وهو صوم الأنبياء ومن أحيا ليلة عاشوراء بالعبادة فكأنما عبد الله تعالى مثل عبادة أهل السموات السبع ومن صلى فيه أربع ركعات يقرأ في كل ركعة الحمد لله مرة وقل هو الله أحد إحدى وخمسين مرة غفر الله له ذنوب خمسين عاما ومن سقى في يوم عاشوراء شربة ماء سقاه الله يوم العطش الأكبر كأسا لم يظمأ بعدها أبدا وكأنما لم يعص الله طرفة عين ومن تصدق فيه بصدقة فكأنما لم يرد سائلا قط ومن اغتسل وتطهر يوم عاشوراء لم يمرض في سنته إلا مرض الموت ومن مسح فيه على رأس يتيم أو أحسن إليه فكأنما أحسن إلى أيتام ولد آدم كلهم ومن عاد مريضا في يوم عاشوراء فكأنما عاد مرضى أولاد آدم كلهم وهو اليوم الذي خلق الله فيه العرش واللوح والقلم وهو اليوم الذي خلق الله فيه جبريل ورفع فيه عيسى وهو اليوم الذي تقوم فيه الساعة

Hari Asyura adalah hari permulaan jadi dunia, Hari Asyura adalah hari permulaan turunnya hujan, Hari Asyura adalah hari permulaan turunya rahmat ke bumi. Maka barang siapa berpuasa pada hari Asyura seolah-olah ia berpuasa setahun, sedangkan puasa setahun itu adalah puasanya para Nabi. Barang siapa menghidupkan malam Asyura dengan beribadat maka seolah-olah ia telah beribadat kepada Allah seperti ibadat penghuni tujuh langit, barang siapa yang shalat pada malamnya empat rakaat, ia membaca pada tiap-tiap rakaat Alhamdulillah(surat al-Fatihah) satu kali, qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlash) 51 satu kali maka akan Allah ampunkan dosa lima puluh tahun. Barang siapa memberi minum pada hari Asyura maka Allah akan memberi ia minum pada hari kehausan yang besar(kiamat) dengan minuman yang tidak akan membuat ia haus setelahnya. Dan seolah-olah ia tidak pernah berbuat maksiat kepada Allah sekejap matapun, barang siapa bersadaqah pada hari Asyura maka seolah-olah ia tidak pernah menolak oarng-orang yang meminta-minta. Barang siapa mandi dan bersuci pada hari Asyura maka ia tidak akan sakit pada tahun tersebut kecuali sakit mati, barang siapa menyapu kepala anak yatim atau berbuat baik kepada mereka maka seolah-olah ia telah berbuat baik kepada seluruh anak yatim anak Adam. Barang siapa yang menjenguk orang sakit pada hari tersebut maka seolah-olah ia telah menjenguk seluruh anak Adam yang sakit. Hari Asyura adalah hari Allah ciptakan Arasy, Lauh dan Qalam dan malaikat Jibril dan Allah angkatkan Nabi Isa ketempat yang tinggi dan hari Asyura adalah hari terjadinya kiamat.

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa pada hari Asyura ada beberapa kejadian penting bagi umat islam yaitu:

1. Allah mengampuni dosa Nabi Adam.


2. Allah mengangkat Nabi Idris as ke tempat yang tinggi.


3. Allah mengeluarkan Nabi Nuh as dari kapal.


4. Allah melepaskan Nabi Ibrahim dari api.


5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as


6. Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara.


7. Allah mengembalikan pandangan Nabi Ya`qub.


8. Allah menyembuhkan sakit Nabi Ayyub


9. Allah mengeluarkan Nabi Yunus as dari perut ikan.


10. Allah membelah laut bagi Nabi Musa as dan Bani Israil.


11. Allah mengampuni dosa Nabi Daud.


12. Allah memberi kerajaan bagi Sulaiman


13. Hari Asyura adalah hari Allah angkat Nabi Isa as


14. Allah ampunkan bagi Nabi Muhammad segala yang terdahulu dan yang kemudian.


15. Hari Asyura adalah hari permulaan jadi dunia


16. Hari Asyura adalah hari permulaan turunnya hujan


17. Hari Asyura adalah hari permulaan turunya rahmat ke bumi.


18. Hari Asyura adalah hari diciptakannya Arasy, Lauh dan Qalam dan malaikat Jibril 


19. Hari Asyura adalah hari terjadinya kiamat.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.

Sumber: lbm.mudimesra.com