Pesantren Al-Hasan Ciamis

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Hasan Ciamis

Profil

Pondok Pesantren Al-Hasan merupakan salah satu Pesantren yang cukup dikenal di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan prestasinya yang membanggakan dan letaknya yang strategis. Terletak di wilayah Kabupaten Ciamis + 500 meter dari pusat kota Gedung Negara Kabupaten Ciamis, tepatnya Pesantren Al-Hasan terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 120 Ling. Bolenglang Kel. Kertasari Kec. Ciamis Kab. Ciamis 46213 Prov. Jawa Barat.

Al-Hasan didirikan pada tahun 1985 yang diasuh oleh KH. Muhammad Syarif Hidayat, Kiyai muda alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat serta salah seorang murid Kiyai besar yang kharismatik (Uwa Ajengan) KH. Choer Affandy (Alm.). Menurut sumber yang didapat, pendirian Al Hasan ikut dibantu oleh beberapa Kiyai setempat, diantaranya : KH. M. Arsyad (Alm.), KH. Asikin (Alm.), KH. Hasan (Alm.) dan Drs. KH. Udin Saefuddin (Alm.). Nama Al Hasan merupakan sebutan khas Muwaqif tanah pendirian Pondok Pesantren Al Hasan yang bernama KH. Hasan (Alm.).

Tujuan didirikannya untuk mencetak kader-kader muslim yang berakhlak mulia dan dapat menyebarkan Syari’at Islam sehingga dapat diamalkan oleh semua lapisan masyarakat. Pada tahun pendiriannya, Kiyai muda ini baru membina sekitar 30 orang santri yang terdiri dari 20 orang santri putra dan 10 orang santri putri, serta memiliki sebuah rumah tempat tinggal yang dipergunakan untuk asrama serta pembinaan terhadap para santrinya serta sebuah mesjid waqaf.

Kini jumlah santri yang mondok berjumlah + 500 orang. Santri terbagi menjadi 3 (tiga) tingkatan, yaitu santri tingkat Takhosus (khusus mesantren/bagi yang kuliah), santri tingkat Tsanawi (yang sekolah di luar lingkungan pesantren seperti SMA, SMK atau MA), dan santri tingkat Ibtida (yang sekolah di SMP Terpadu Al Hasan).

Karakteristik Pondok Pesantren Al-Hasan yang tidak dimiliki oleh pesantren lain di Kabupaten Ciamis, yakni memadukan suatu system pembinaan santri dari pendidikan formal tingkat SMP/MTs maupun SMA/MA dan Perguruan Tinggi untuk mengkaji kitab-kitab di pesantren.

Melihat potensi pesantren Al-Hasan dan juga keadaan masyarakat di Kabupaten Ciamis yang cukup menggembirakan, maka pada tahun 1996 mulai mengembangkan Majelis Ta’lim (MT), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Koppontren (1998), Kursus-kursus (2002), Poskestren (2003), Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) (2004), SMP Terpadu (2006) TKA, TPA dan DTA (2009) dan Travel Umroh (2010).

Dalam memadukan perkembangan Pondok Pesantren Al-Hasan yang demikian pesat, maka sedikit demi sedikit terus menambah berbagai sarana serta fasilitas pendidikan yang diperlukan bagi kebutuhan para santri. Alhamdulillah pada perkembangan terakhir, Pondok Pesantren Al-Hasan membenah diri untuk tidak sekedar mengkaji kitab-kitab klasik kepada para santrinya, namun telah memodernisasikan system pesantren dengan mendirikan lembaga-lembaga pendukung kegiatan pesantren.

Kini Pondok Pesantren Al-Hasan telah membangun tiga asrama (1 asrama putra dan 2 asrama putri), Madrasah, Gedung Pertemuan Aula Ar Roudloh, GOR, KBIH dan Umroh Al-Hasan, BMT Al Hasan (kini menjadi Bank Santri Al Hasan), TKA, TPA dan DTA dan Smesco Mart Mini Market yang merupakan bagian dari Koppontren Al-Hasan. Tersedianya sarana yang lengkap membuat santri semakin nyaman mencari ilmu di Pondok Pesantren  Al-Hasan.
Pendiri
KH. Muhammad Syarif Hidayat
Pengasuh
1. KH. Muhammad Syarif Hidayat
2. KH. Musthofa Hasan

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. TK Plus Al-Hasan
2. MTs Al-Hasan Banjar Sari
3. SMA Plus Al-Hasan Banjarsari

Ekstrakurikuler

Pesantren Al-Hasan memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Pramuka
4. Paskibra
5. PMR       
6. IRMA
7. Karate         
8. Silat Tapak Suci                   
9. Muhadlarah
10. Drumb Band
11. Hadrah/Qasidah Rebana        
12. SportClub
13. Panahan          
14. JMQ (Tahsin dan Qiraat)
15. Kaligrafi
 


Hadrah di pesantren Al-Hasan


Paskibra di pesantren Al-Hasan

Fasilitas

Pesantren Al-Hasan memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid 2 lantai (Putera)
2. Mushola (Putri)         
3. Laboratorium Komputer
4. Laboratorium IPA     
5. Perpustakaan
6. Asrama
7. Ruang Belajar
8. Waserda              
9. Sarana Olahraga     
10. Laundri 
11. Kantin        
12. Dapur Umum
13. Tempat Makan
14. MCK Putra/Putri
15. Lapangan Olahraga
16. Depot air isi ulang RO


Gedung sekolah di pesantren Al-Hasan


Laboratorium komputer di pesantren Al-Hasan



Alamat

Jl. Kawasen No. 80, Banjarsari, Kawasen, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Kode Pos: 46213
Telepon : (0265) 2663-236, 0852-2134-5645, 0823-1557-89416

 

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:  Pondok Pesantren Al-Hasan

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke  redaksi@laduni.id

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.