Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang

Profil

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang berdiri untuk memberi solusi bagi generasi yang berpotensi untuk menghafal Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode tahfidh cepat, para santri didesain untuk bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu kurang dari satu tahun. Dengan adanya metode ini diharapkan para santri bisa menempuh jenjang tahfidh dengan waktu tempuh yang tidak terlalu lama sehingga bisa segera melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, seperti meneruskan studi di Perguruan Tinggi, konsentrasi pendalaman kitab salaf, penguasaan bahasa asing, pengabdian masyarakat, dll.

Dengan berpedoman pada prinsip yang dipegang oleh Pendiri Madrasatul Qur’an Tebuireng (Hadlrotus Syaikh KH. Yusuf Masyhar), Hamalatul Qur’an menjalankan prinsip dasar pengembangan tahfidhul Qur’an, di antaranya adalah pembinaan fashohah secara intensif sehingga para huffadh tidak hanya mampu menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan lancar, tetapi juga dibekali dengan bacaan yang haqqut tilawah sesuai dengan standar qiro’ah muwahhadah versi Madrasatul Qur’an Tebuireng.

Program tahfidhul Qur’an di PPHQ juga didukung dengan aktifitas harian yang menunjang pengembangan pendidikan tahfidh, seperti sholat tahajjud berjama’ah dengan maqro’ ½ juz, sholat dhuha berjama’ah dengan maqro’ ½ juz, aurod famy bisyauqin, dzikrul qur’an, dll.

Sejarah

Awal berdiri Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, KH. Ainul Yaqin menyatakan bahwa Pesantren ini berdiri tidak lepas dari peran dan doa serta dukungan dari para kyai sepuh yang ada di Jombang dan sekitarnya, seperti KH. Husen Ilyas Mojokerto, KH. Ahmad Mustain Syafi’i Tebuireng, KH. Ahmad Syakir Ridlwan Tebuireng dan beberapa kyai lainnya. Awalnya Kyai Ainul Yaqin memiliki keinginan untuk membantu saudara dan anak-anak yang berpotensi untuk mondok dan menghafal Al-Qur’an dengan membantu biayanya (gratis) di pesantren. Usaha ini didukung pula dengan beberapa dermawan yang ikut berperan dalam niat mulia ini, salah satunya adalah Bapak Doddhy Kothot Herdianto, Pimpinan PT. Gatra Kilang Persada yang berdomisili di Jakarta.

Dulu Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an belum memiliki format program seperti apa, hanya berjalan apa adanya yang penting ada kegiatan mengaji dan menghafal Al-Qur’an. Di samping itu, pesantren ini berdiri juga atas latar belakang permintaan dari beberapa pengasuh pesantren di Jember dan Lumajang agar KH. Ainul Yaqin melanjutkan program tarawih maqra’ 30 juz yang sudah berjalan di sana selama dua tahun.

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang berdiri untuk memberi solusi bagi generasi  yang berpotensi untuk menghafal Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode tahfidh cepat, para santri didesain untuk bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu kurang dari satu tahun. Dengan adanya metode ini diharapkan para santri bisa menempuh jenjang tahfidh dengan waktu tempuh yang tidak terlalu lama sehingga bisa segera melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, seperti meneruskan studi di Perguruan Tinggi, konsentrasi pendalaman kitab salaf, penguasaan bahasa asing, pengabdian masyarakat, dll.

Dengan berpedoman pada prinsip yang dipegang oleh Pendiri Madrasatul Qur’an Tebuireng KH. Yusuf Masyhar, Hamalatul Qur’an menjalankan prinsip dasar pengembangan tahfidhul Qur’an, di antaranya adalah pembinaan fashohah secara intensif sehingga para huffadh tidak hanya mampu menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan lancar, tetapi juga dibekali dengan bacaan yang haqqut tilawah sesuai dengan standar qiro’ah muwahhadah versi Madrasatul Qur’an Tebuireng.

Program tahfidhul Qur’an di PPHQ juga didukung dengan aktifitas harian yang menunjang pengembangan pendidikan tahfidh, seperti sholat tahajjud berjama’ah dengan maqro’ ½ juz, sholat dhuha berjama’ah dengan maqro’ ½ juz, aurod famy bisyauqin/5 juz an, dzikrul qur’an, dll.

Dengan pergantian tahun yang sangat cepat usia Hamalatul Qur an terbilang masih muda kurang lebih 10 tahun di tahun 2021, berdiri pada tahun 2011 di Jogoroto dengan pendiri dan pengasuhnya KH. Ainul Yaqin, SQ. dengan demikian Pondok Pesantren Mampu mencetak Alumni kurang lebih 7000 santri dibeberapa daerah dan 1500 santri yang masih aktif.

Pencapaian itu bukan karena pondoknya gratis melainkan karena program yang diampu sangat bagus untuk kader huffadz di Nusantara, banyak santri yang menyelesaikan ziyadahnya kurang lebih 6 bulan khatam 30 juz, namun dengan metode tahfidz cepat tersebut bukan berarti setelah khatam bebas, melainkan harus terus istiqomah mengaji dan berkegiatan rutinitas seperti di Hamalatul Qur an, karena pada dasarnya Hamalatul Qur an mengambil sisi Riyadhoh nya atau mencari kenikmatan dan keistiqomahan dalam beribadah mengaji Al Qur an.

Pada Tahun 2015 PP Hamalatul Qur an dinobatkan oleh Mentri Agama RI menjadi Lembaga Pendidikan Islam Berprestasi di Bidang Pengembangan Metode Tahfidz Cepat 6 Bulan, dan Apresiasi Pesantren Teladan KEMENAG RI dari Presiden RI ditahun 2016. Hamalatul Quran juga memiliki prestasi di bidang musabaqoh dan yang lain, seperti: Juara I MHQ 30 Juz Tk. Propinsi (2016), Juara I MHQ 20 Juz Tk. Propinsi (2015), Juara I MHQ 5 Juz Tilawah Tk. Propinsi (2015), Terbaik III Tafsir Bahasa Indonesia Tk. Propinsi (2016 & 2017), Terbaik I Lomba Karya Ilmiah Pesantren Program Pasca Tahfidh Bayt Al-Qur’an Pusat Studi Al-Qur’an Jakarta (2014), Terbaik I Program Pasca Tahfidh Bayt Al-Qur’an Pusat Studi Al-Qur’an Jakarta (2013 & 2018) dll.

Perkembangan yang begitu pesat dengan diiringi prestasi yang diraih itu semua tidak lain adalah fadhl dari Allah SWT serta berkat do’a dan dukungan dari semua pihak, mulai dari sesepuh, donatur, wali santri dan keluarga besar PP. Hamalatul Qur’an serta Pemerintah.

Pendiri
KH. Ainul Yaqin

Pengasuh
KH. Ainul Yaqin

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. Binnadhor
2. Tahfidz
3. Mitra Pendidikan Formal:
a. MTs Salafiyah Syafi'iyah Bandung, Diwek
b. MAK Nurul Jadid
c. SMK NU Jogoroto
4. Qur'an Village
5. Pondok pesantren Salaf  Hamalatul Qur'an
6. Wadil Qur'an
7. Beasiswa

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Pengajian kitab kuning
2. Pembacaan Yasin, Tahlil & Maulid Diba’
3. Latihan Muhadhoroh, Diklat Bilal serta Khutbah Jum’at dan Hari Raya
4. Praktik ‘Ubudiyyah
5. Diklat Imam Tarawih 30 juz
6. Mudarosah rutin Huffadh di pelosok desa
7. Diklat peserta MTQ
8. Pembinaan & Pengembangan kemampuan, minat & bakat di bidang “Al-Qur’an”
9. Pelatihan Leadership, Manajemen & Organisasi Pesantren


Baca Al Qur'an di pesantren Hamalatul Qur’an


Pengajian rutin di pesantren Hamalatul Qur’an

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Mushola
2. Asrama
3. Aula permanen
4. Dapur
5.  Koperasi
6. Gudang
7. MCK


Gedung pesantren di pesantren Hamalatul Qur’an


Gedung pesantren di pesantren Hamalatul Qur’an

Alamat

Jl. Raya Jogoroto No. 11 Sumberbendo, Jogoroto, Jombang, Jawa Timur
Kode Pos: 61485
Telepon: 0812-3148-891, 0858-5288-9645, 0897-0836-514
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://jogoroto.com


 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.