STAI Al-Hamidiyah Jakarta

STAI Al-Hamidiyah Jakarta

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Jakarta, berdiri sejak tahun 1991 atas gagasan KH. Achmad Sjaichu. Secara kelembagaan, STAI Al-Hamidiyah Jakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah Sjaichu dan koordinasi dengan Kopertais Wilayah I DKI Jakarta.

STAI Al-Hamidiyah Jakarta didirikan pada tanggal 9 April 1998, sebagai perubahan nama dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STIDA) yang didirikan pada tanggal 23 Februari 1991. STIDA sendiri didirikan atas kesadaran minimnya lembaga pendidikan tinggi yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga dakwah profesional. STIDA dipimpin pertama kali oleh KH. Mustofa Ali Yakub, M.A.

Seiring dengan perkembangan PTAI di Indonesia, pada tahun 1998 STIDA berubah menjadi STAI dengan dua fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Fakultas Dakwah dengan program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Kemudian kepemimpinan STAI Al-Hamidiyah Jakarta dilanjutkan oleh Drs. H. Choliluddin As, MA., pada masa kepemimpinan beliau pengembangan STAI Al-Hamidiyah Jakarta dilanjutkan dengan dibukanya program studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)/PGTKI yang merupakan bagian dari fakultas Tarbiyah. Perjuangan tak kenal lelah dari unsur pimpinan dan pengelola dalam mengembangkan STAI Al-Hamidiyah Jakarta menjadikan STAI Al-Hamidiyah Jakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang cukup diperhitungkan di wilayahnya dan mendapat kepercayaan dari berbagai pihak/stakeholder, mulai dari Lembaga/Institusi Pendidikan, Pemerintah Kota hingga Kementerian terkait.

Saat ini kepemimpinan STAI Al-Hamidiyah Jakarta dilanjutkan oleh Drs. H. Mukhayat, S.H., M.H., pengembangan STAI Al-Hamidiyah Jakarta pun terus dilanjutkan dengan rencana pembukaan program studi baru dalam beberapa waktu ke depan. Adapun program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) telah memperoleh pengakuan secara nasional dengan diperolehnya Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Seluruh mahasiswa/i STAI Al-Hamidiyah diakui secara nasional dengan terdaftar secara resmi dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Beberapa dosen STAI Al-Hamidiyah Jakarta telah memperoleh sertifikat pendidik profesional sebagai dosen sesuai rumpun bidang ilmu yang diampunya. Dengan demikian STAI Al-Hamidiyah Jakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi yang harus dijadikan pilihan bagi setiap insan yang membutuhkan pendidikan yang berkualitas, profesional dam religius.
PRODI

FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Soal Madrasah
7. Laboratorium Bahasa
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Klinik Kesehatan
10. Aula
11. Lapangan

ALAMAT
Jl. Raya Depok Sawangan Km. 2 No. 12, Depok
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://stai.al-hamidiyah.sch.id
 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.