Pesantren Hidayatul Faizin Garut

Pesantren Hidayatul Faizin Garut

Profil
Pesantren Hidayatul Faizin yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Garut, merupakan salah satu pesantren paling tua di Kabupaten Garut. Didirikan oleh almaghfur lah KH. Abdul Wahab pada tahun 1839, sampai sekarang pesantren ini telah dipimpin oleh empat generasi. Generasi pertama KH. Abdul Wahab adalah perintis dan pendiri pesantren ini. Di awal perjalanannya, KH. Abdul Wahab tidak langsung mendirikan pesantren secara formal. Tetapi lebih dulu membina masyarakat sekitar dengan mendirikan majelis taklim.

Pada generasi kedua di bawah kepemimpinan KH. Abdul Qahar, pesantren ini secara resmi berdiri. KH. Abdul Qahar yang tiada lain merupakan putra dari KH. Abdul Wahab, melanjutkan perjuangan ayahnya menyebarkan ajaran agama Islam di tengah masyarakat. Namun tidak seperti sang ayah yang hanya mengajarkan agama kepada masyarakat sekitar melalui majelis ta’lim, KH. Abdul Qahar juga menampung santri yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Garut.

Setelah KH. Abdul Qahar wafat, pesantren ini dilanjutkan oleh putra sulungnya KH. Rd. Hidayatullah. Pesantren ini juga semakin berkembang pesat setelah puteri KH. Rd. Hidayatullah yaitu Hj. Rd. Zakiah menikah dengan KH. Wajihadin dari Fauzan,  pesantren ini semakin besar. Pernikahan ini bisa diibaratkan menyatukan dua kekuatan yang mampu menjadi magnet bagi masyarakat luas untuk berdatangan ke Pesantren Hidayatul Faizin untuk menuntut ilmu.

Dari pernikahan KH. Wajihadin dengan Hj. Rd. Zakiah, lahir generasi penerus pesantren ini yaitu KH. Mimar Hidayatullah yang saat ini menjadi pimpinan pondok pesantren Hidayatul Faizin. Yang menarik dari beliu adalah keberanian untuk melengkapi pesantren ini dengan mendirikan pendidikan sekolah umum. Kini, bersama putri sulungnya yang kemudian dibantu oleh putra- puterinya yang lain, pendidikan sekolah di Pesantren Hidayatul Faizin bertambah dengan mendirikan tingkat Aliyah maupun pendidikan Dasar berupa Madrasah Ibtidaiyah.

Pendidikan
1.MI
2.MTs
3.MA
4.Madin


Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Pendidikan Baca al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

Alamat
Urug Nangoh, Cikedokan, Bayongbong Garut

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Hidayatul Faizin Garut