Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo

Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo

Profil

Berdirinya pondok pesantren Al Mubaarok ini adalah tahun 1998. Pendiri pondok ini adalah KH. Nur Hidayatulloh yang tidak lain adalah menantu dari KH. Ibrohim. Setelah beliau pulang dari pondok pesantren Tegalrejo, Magelang, Beliau mengampu pondok pesantren Roudlotuth Tholibin Jawar, menggantikan posisi K.H. Ibrahim Almarhum, sambil menunggu kepulangan putra Mbah K.H.ibrahim, yaitu Gus Yasin.

K.H. Nur hidayatulloh sendiri dahulu pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Tegalrejo Magelang kurang lebih selama 14 tahun. Setelah itu beliau langsung menikah dengan putri Mbah K.H. Ibrahim, yaitu Nyai Hj.Nur Farida. Setelah Gus Yasin pulang dari pesantren, beliau berinisiatif mendirikan Pondok Pesantren yang diberi nama AL Mubaarok yang saat ini lokasinya tepat di Dusun Manggisan Lama Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah. Saat itu ada sekitar 5 santri Roudlotuth Tholibin Jawar yang ikut mengawali pembukaan Pondok Pesantren yang diresmikan pada tanggal 2 Ramadhan 1418 H, atau tepat 1 Januari 1998.
 
Sebelum adanya Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini didirikan, pernah ada pihak yang mau mendirikan pondok pesantren sekitar tahun 1970-an. Mereka gagal mendirikan pondok pesantren karena ada masyarakat yang beranggapan bahwa tanah yang sudah menjasi lokasi pesantren ini ada mahluk halusnya atau semacam dedemit ataupun hantu yang saat itu dikenal dengan Alas Sibangkong. Diberi nama hantu Alas Sibangkong karena berbentuk batu besar seukuran kerbau mirip dengan bentuk bangkong.

Banyak halangan sewaktu mau mendirikan Pondok Pesantren Al-Mubaarok ini karena masih ada sebagian masyarakat yang belum bisa menerima keberadaan Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini. Setelah melalui berbagai halangan dan rintangan, Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini kini mampu berdiri tegap ditengah-tengah keguyuban masyarakat Manggisan dan sekitarnya.
 
 

 
Pendidikan

Penyediaan lembaga pendidikan, Al Mubaarok menyelenggarakan Pendidikan Diniyah Formal, yaitu suatu pendidikan dibawah Kementerian Agama yang diakui secara pendidikan setara dengan SMP maupun SMA. PDF yang disediakan disini adalah PDF Wustha dan PDF Ulya. Bisa dikatakan PDF di pondok Pesantren Al Mubaarok adalah yang terbaik di Jawa Tengah (klaim beberapa orang).

Selain PDF, pondok pesantren ini juga memiliki Ma’had Aly. Yaitu pendidikan tinggi pada pondok pesantren yang sudah diatur dan di akui dengan KMA sehingga lulusan pondok pesantren Ma’had Aly al Mubaarok merupakan lulusan pendidikan s1. Dan secara legal formal ijazahnya diakui oleh Negara.

Fasilitas
  1. 1 aula ruang serba guna putra seluas 287 m2
  2. 1 aula ruang serbaguna putri 147 m2
  3. 3 ruang kantor 25m2
  4. 2 area MCK putra 125 m2
  5. 1 area MCK putri 50 m2
  6. Asrama santri 28 Kamar
  7. 1 ruang koperasi 18 m2
  8. 5 ruang belajar
  9. 1 ruang perpustakaan 18 m2
  10. 4 ruang Poskestren (kesehatan) 84 m2
  11. 3 ruang masjid tempat santri dan masyarakat manggisan sholat Jum’at 84 m2
     


 


Ekstrakurikuler

1. Muhadloroh
2. Munadloroh
3. Bahtsul Masail
4. Pelatihan-Pelatihan
5. Dakwah Kesantrian
6. Bakti Sosial
7. Mujahadah
8. Haflah ahir sanah setiap tgl 10 Sya'ban
9. J um'at bersih
10. Kuliyyah jum'ah
 
 
 

Alamat

Manggisan, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo
 
Kode Pos: 56351

Telepon: (0286) 323659
 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://www.ponpesmanggisan.com
 
 
 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
 

Alumni Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo