Mari Mendelete Jomblo, Meraih Besarnya Pahala Menikah

 
Mari Mendelete Jomblo, Meraih Besarnya Pahala Menikah

LADUNI.ID, KOLOM- Pernikahan merupakan sebagian  rahasia dan anugerah yang luarbiasa itu telah ditunjukkan oleh Allah SWT dan Rasullullah Sallahu Alaihi Wassalam  yaitu :

Pertama, Menikah dapat Meluaskan rejeki

Menikah jangan dipikirkan mendapatkan kesusahan dan sempitnya kehidupan, namun sebaiknya dengan menikah itu mendapatkan rezeki yang luas dan banyak. Ini sebagaimana diungkapkan dalam Al-Quran berbunyi:

"Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS.An Nuur 32)

Dalam hadis lain juga disebutkan dengan sabda Rasullullah SAW : " Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diatara kamu sesungguhnya Allah akan memperbaiki Ahklak, meluaskan rezeki dan keluhuran mereka” ( HR. Al Hadist)

Berhak mendapat pertolongan Allah

Mereka yang menikah, tentunya sebagian akan berpikir kesusahan dan kemelaratan dalam hidup ini, namun dibalik itu dengan pernikahan akan mendapatkan pertolongan Allah SWT,  ini sebagaimana disebutkan dalam Sabda Rasulullah saw, "Tiga orang yang memiliki hak atas Allah menolong mereka : seorang yang berjihad di jalan Allah, seorang budak (berada didalam perjanjian antara dirinya dengan tuannya) yang menginginkan penunaian dan seorang menikah yang ingin menjaga kehormatannya.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim dari hadits Abu Hurairah)

Mendapat Harta Dunia Akhirat Berupa Isteri Shalihah

Seseorang mendapat istri atau suami shalihah dikatakan mendapatkan harta dunia akhirat  karena Harta paling berharga adalah bukan dalam bentuk materi seperti, uang , rumah, mobil dst karena jika anda kaya maka rumah , mobil dst dapat anda beli kapan saja tapi  istri yang solihah belum tentu anda dapatkan meskipun anda kaya.    Sedangkan harta akhirat diberi bonus oleh Allah dengan ditolong dengan separuh agama. Untuk lebih jelasnya lihat hadist berikut:

“Dunia ini dijadikan Allah penuh perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan hidup adalah istri yang sholihah” (HR. Muslim)  

Telah disebutkan juga dalam hadist yang lain berbunyi: “Barang siapa yang diberi istri yang sholihah oleh Allah, berarti telah ditolong oleh-Nya pada separuh agamanya. Oleh karena itu, hendaknya ia bertaqwa pada separuh yang lain” (HR. Al-Hakim dan At-Thahawi)

Seseorang yang menikah juga akan mudah mendapatkan pahala, ini sebagaimana diungkapkan dalam sebuah hadist berbunyi:

“Dalam kemaluanmu itu ada sedekah.” Sahabat lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kita mendapat pahala dengan menggauli istri kita?.” Rasulullah menjawab, “Bukankah jika kalian menyalurkan nafsu di jalan yang haram akan berdosa? Maka begitu juga sebaliknya, bila disalurkan di jalan yang halal, kalian akan berpahala.” (HR. Bukhari, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah)

Berangkat dari itu,  seseorang yang telah menikah tentunya akan semakin terbuka lebar pintu untuk meraih surga. Apabila telah duluan menikah lebih berpeluang  masuk surga dari orang yang tidak menikah, hal ini sebagaimana diutarakan dalam hadist nabi berbunyi:

"Diantara kamu semua yang paling buruk adalah yang hidup membujang, dan kematian kamu semua yang paling hina adalah kematian orang yang memilih hidup membujang (HR. Abu Y. dan Thabrani).