Membumikan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAI Al-Aziziyah Samalanga

Membumikan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAI Al-Aziziyah Samalanga

LADUNI. ID, KAMPUS- IAI Al-Aziziyah Samalanga, Aceh terus berbenah dan melakukan terobosan dalam pengembangannya termasuk membuka jurusan baru 

Salah satu jurusan tersebut yang kini mulai diincar masyarakat berupa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Perlu kita ketahui bahwa PMI itu prodi yang  merupakan ilmu sosial terapan yang memadukan kajian keagamaan dan teori sosial guna melakukan pembangunan masyarakat. 

Salah seorang pakar ilmu komunikasi, Tgk. Iswadi Arsyad, M. Sos menyebutkan bahwa prodi PMI itu  bertujuan untuk mengatasi masalah sosial, menggali potensi, memberdayakan masyarakat.

"Prodi PMI itu melakukan perubahan sosial menuju masyarakat yang dicita-citakan. Oleh karena itu, ilmu ini identik dengan ilmu tentang intervensi, rekayasa, ataupun transformasi sosial," lanjutnya yang juga dewan guru dayah MUDI Masjid Raya Samalanga itu.


Kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga,  kini mencoba dan telah membuka Jurusan PMI ini dan dapat dikatakan masih perdana walupun munculnya di Indonesia sekitar pada tahun 1998 atau pasca reformasi.

" Walaupun masih perdana di kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga dan masih perlu sosialisasi jurusan ini meskipun banyak orang merasa asing dengan nama ilmu ini. Kalau kita jujur di belahan barat ilmu ini sudah cukup lama dikenal dengan nama Community Development," ulas putra Laweung tersebut.

 

 

Alumni Membumikan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAI Al-Aziziyah Samalanga