Perempuan Indonesia, Konsumen Berbelanja Online Terbanyak, Apa Faktornya?

 
Perempuan Indonesia, Konsumen Berbelanja Online Terbanyak, Apa Faktornya?

LADUNI.ID, Jakarta - ​EcommerceIQ​​, firma riset pasar spesialis data dan ​insight ecommerce di Asia Tenggara membagikan penemuan dari laporannya: “​Digital Mom and Baby Shopper Profile in Indonesia​​” dengan komponen informasi yaitu merek-merek yang menjadi preferensi, pendapatan rumah tangga, umur, jumlah rata-rata ​item​ yang dibeli (​average basket size​), dan lain-lain dari para konsumen perempuan di seluruh nusantara.

Hasil riset itu mengungkapkan 66% dari para konsumen Indonesia berbelanja produk kategori Ibu dan Anak ​online ​karena sisi kepraktisan ​e-commerce,​ yaitu kenyamanan dan variasi merek. Konsumsi waktu yang lebih sedikit dan kenyamanan dianggap sebagai faktor pendorong utama oleh para responden.

Sebanyak 45% perempuan Indonesia memilih Shopee Indonesia sebagai destinasi ​online​ utama untuk pembelanjaan ​ecommerce​ karena pilihan produknya yang beragam. Lazada hadir di nomor dua pada 34% dan Tokopedia dan media sosial lainnya berada pada angka 7% dan 5%.

Baca Juga: Rawat 69 Anak Asuh, Anggota Brimob Polda Jatim Terima Penghargaan PBB

Diawali sebagai ​platform e-commerce​ berbasis ​Consumer-to-Consumer (C2C), Shopee memiliki kelebihan luasnya ragam pilihan produk dalam ​platform​ mereka. Kategori Ibu & Anak juga merupakan salah satu kategori terpopuler Shopee di Indonesia seperti terefleksikan melalui kampanye terkini mereka yang dikenal dengan ​Mom & Baby Super Deal​​, yang diorganisir sebagai bentuk terima kasih Shopee sebagai atas kepercayaan para Ibu di Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara terus mengalami pertumbuhan penduduk dengan rata-rata 2,44 kelahiran per perempuan, baik perusahaan ritel lokal maupun global mengalokasikan dana yang besar untuk menyasar generasi konsumen penerus dengan memahami perilaku para ibu dan calon ibu masa kini.

Baca Juga: Ombudsman Aceh Apresiasiasi Putusan Pengadilan Tinggi Aceh

“Indonesia memiliki lebih dari ​260 juta​ penduduk dan angka kelahiran empat terbesar di antara negara Asia Tenggara lainnya,” papar ​Sheji Ho​​, aCommerce Group Chief Marketing Officer​​.

Ada kesempatan, jelas Sheji, yang sangat besar bagi ​brand ​untuk memberikan pengalaman belanja digital yang tidak saja memuaskan, tapi terlebih lagi, terpercaya. Konsumen saat ini memiliki banyak akses untuk mencari informasi ​online ​untuk memastikan keputusan pembelian mereka benar. Kini tidak cukup hanya dengan gambar produk popok saja. Apa yang orang katakan tentang produk Anda? Siapa ​influencer​ yang menggunakan produk Anda? Ini semua penting.

​“Karena banyak perempuan pekerja yang juga ​full-time mom, demografi ini sangat mengutamakan kenyamanan. Para pemain ​e-commerce​ hanya perlu mewujudkan ini bagi mereka.”pungkasnya.

Baca Juga: 

Satgas TMMD ke - 103 Kodim 0102/Pidie Gelar Pengobatan Masal dan Donor Darah

Habib Hasyim, Tokoh di Balik Lahirnya Nahdlatul Ulama

 

(srf)