Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

 
Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

PROFIL
Geliat untuk mendirikan kembali UNUSU terus bergema di kalangan Nahdliyyin Sumatera Utara terutama pasca reformasi, namun tahun 2010 merupakan titik kulminasi awal semangat ini dengan ditunjuknya beberapa orang pengurus wilayah untuk segera merealisasikan pendidian UNUSU. Dari tahun 2010 hingga tahun 2013 beberapa nama telah ditunjuk, di antaranya: H. Abdullah Nasution, H. Musaddad Lubis, H. Usman Lubis, Upar Pulungan dan lainnya. Tidak hanya di tingkat provinsi semangat pendirian ini menggeliat, pada tingkat nasional di tahun-tahun tersebut melalui PBNU dalam berbagai forumnya senantiasa disampaikan dorongan agar PWNU-PWNU segera merealisasikan pendirian UNU-UNU di daerahnya masing-masing.

 

Puncaknya tanggal 10 Maret 2014 PWNU Sumatera Utara membentuk Panitia Persiapan Pendirian UNUSU tanggal 10 Maret 2014 dengan Surat Tugas Nomor. 27/A-1.03/III/2014 dengan susunan: H. Takbir Siregar (Ketua), H. Mhd. Hatta Siregar (Wakil Ketua), H. Khairuddin Hutasuhut (Sekretaris), Abrar M. Dawud Faza (Wakil Sekretaris), dan Anggota-anggota terdiri: Masdulhaq Siregar, H. Musaddad Lubis dan H. Misran Sihaloho.

 

Panitia ini pun bergerak cepat atas instruksi PBNU yang mewajibkan seluruh pengurus NU daerah-daerah harus menyelesaikan proposal pendirian UNU di bulan Maret itu juga. Lebih kurang seminggu proposal pendirian dapat disiapkan dengan mengerahkan banyak tenaga muda NU untuk menyelesaikan persyaratan administrasi dan akademiknya, sedangkan persyaratan sarana pra sarana maupun hukum dan kelembagaannya dibantu oleh PBNU sebagai badan hukum perkumpulan. Beberapa tenaga muda yang turut membantu antara lain: Abrar, Yusmiadi, Ramadhan, M. Nuh Dawi, Heru, Asrar, Rahmat Daim Hrp, Aminuddin, Budi, Iwan, Bata, Ahmad Bulyan Nst dan lainnya.

 

Persyaratan administrasi lain dan penting dijadikan dasar pengurusan izin UNUSU berkaitan dengan kerjasamanya dengan Yayasan Fathih Az-Zahra, di mana yayasan ini sebelumnya akan mendirikan Sekolah Tinggi Kesehatan NU dan diharuskan berintegrasi dengan badan hukum perkumpulan NU.

 

Dalam pengurusan izin operasional Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara mengajukan 2 (dua) lokasi kampus, yakni kampus I terletak di Jln. Perjuangan No. 215, Dusun I-B, Desa Tanjung Selamat  Kecamatan Sunggal,  Kabupaten Deli Serdang dengan luas bangunan mencapai 2.000 m2 dan luas lahan mencapai 17.000 m2 atas kerjasama PWNU Sumut dan Yayasan Fathih Az-Zahra, lahan dan bangunan merupakan milik Yayasan Fathih Az-Zahra.

 

Sementara kampus II adalah komplek Perguruan Nahdlatul Ulama di Jl. Abdul Manaf No. 2/ Gaperta Ujung, Tanjung Gusta, Medan Helvetia. Selanjutnya direncanakan akan dibangun gedung kampus baru untuk dijadikan sarana perkuliahan terpadu (grand campus) di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang. Di samping itu PWNU SUMUT juga memiliki asset tanah lainnya.

 

Pada tanggal 16 Maret 2014 sesuai surat Badan Pengelola dan Penyelenggara UNUSU No. 2/A.1/09/III/2014 yang ditandatangani oleh H. Ashari Tambunan dan H. Misran Sihaloho sebagai Ketua dan Sekretaris, UNUSU mengajukan permohonan izin operasional UNUSU kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I. di Jakarta.

 

PWNU Sumut kemudian mengutus panitia pendirian untuk mengantarkan berkas-perkas persyaratan pendirian UNUSU ke Jakarta dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan PBNU. Pengelolaan pendirian UNU di PBNU ditangani oleh Dr. H. Hanief Saha Ghafur, M.Pd., beliau adalah wakil sekretaris jenderal PBNU masa itu yang banyak memberikan bantuan moril dan pemikiran membantu UNU-UNU se Indonesia. Tim UNUSU berangkat ke Jakarta terdiri dari: Prof. Dr. H. Katimin, MA (sebagai Rektor UNUSU dalam proses pendirian), H. Misran Sihaloho, H. Takbir Siregar, H. Mhd. Hatta Siregar, H. Masdulhaq Siregar, Abrar M. Dawud Faza dan Rahmat Daim Harahap. Setelah bertemu Ketum PBNU KH. Said Aqil Siradj dan Wasekjend H. Hanief Saha Ghapur, berkas persyaratan UNUSU pun disampaikan ke kantor DIKTI Jakarta pada tanggal 18 Maret 2014.

 

Setelah berkas persyaratan izin disampaikan ke Dikti, PBNU beberapa kali menfasilitasi UNU-UNU yg sedang menunggu visitasi dengan pelatihan dan klinik proposal. Di kantor PBNU 4 kali dilaksanakan workshop penyempurnaan proposal yg diikuti oleh tim pendirian, antara lain yg mengikuti pelatihan Prof Katimin, Musaddad Lbs, Misran Sihaloho, Mhd Hatta Srg, Takbir Srg, Masdulhaq Srg, dan Abrar M Dawud Faza.

 

Prof Katimin sebagai Rektor UNUSU masa pengusulan akhirnya mempresentasikan proposal UNUSU di hadapan tim Dikti bln Juli 2014 di Jakarta. 

 

Fasilitasi lain yg diberikan PBNU kepada calon-calon UNU adalah berbagai bentuk kerjasama dengan perusahaan negara dan swasta antara lain: Telkom, Bank Syariah Mandiri, Axio, Windows, PCNU Thailand & Inggris, PTN seperti UI dan UGM, beberapa perusahaan asing dari Korea, Jepang dan Arab Saudi serta konsultan-konsultan teknis dari Jakarta.

 

Alhamdulillah melalui penantian yang “cukup panjang” lebih setahun dengan berbagai pertemuan yang dilakukan dengan DIKTI maupun PBNU serta “dua kali” visitasi ke kampus UNUSU yang dipusatkan di Kampus UNUSU awal di gedung Yayasan Fatih Azzahra Tj Selamat, akhirnya pada tanggal 10 April 2015 izin operasional UNUSU keluar dengan SK. No. 576/E/O/2014 tertanggal 27 Oktober 2014 untuk 10 prodi (PGSD, Manajemen, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Budidaya Pertanian, Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Gizi, dan Analis Kesehatan), diberikan oleh DIKTI Prof. Hermawan melalui Ketum PBNU KH. Said Aqil Sirodj kepada mewakili UNUSU H. Masdulhag Siregar dan Abrar M. Dawud di kantor DIKTI Senayan Jakarta dan kantor PBNU Kramat Raya, Jakarta.
PRODI

FASILITAS
-Ruang kuliah berAC
-Wifi gratis
-Perpustakaan
-Lab Komputer
-Lab Mikro Tough
-Taman
-Parkir luas
-Kebun percontohan
ALAMAT  
Jalan H. A. Manaf Lubis No.2, Helvetia, Medan
Telp: (061) 8006202 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.unusu.ac.id
 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

  • Dila amelia Dila amelia