Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan

Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan

Profil
Pesantren Al Kautsar Al Akbar telah berdiri sejak 1985. Pesantren yang diasuh oleh KH Syech Ali Akbar Marbun ini mempunyai 700-an santri aktif dan telah meluluskan santri sebanyak 23 angkatan sejak pertama kali berdiri. Sebagaimana pesantren pada umumnya, Pesantren Al Kautsar Al Akbar menggunakan kurikulum Kemdikbud dan Kemenag, untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Selain itu, lembaga ini tetap mengutamakan kurikulum pesantren dengan mengkaji berbagai kitab klasik seperti, Tafsir, Hadits, Fiqih, Tasawuf, Akhlaq, Tauhid, Nahwu, Shorof, Balaghoh, dan lain-lain. Selain di Medan, Pesantren ini juga mempunyai cabang di Lae Toras, Tarabintang, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Di daerah yang dulunya bagian dari Tapanuli Utara ini, Pesantren Al Kautsar Al Akbar memiliki jenjang pendidikan madrasah Tsanawiyah.

Syech Ali Akbar Marbun dilahirkan di Siniang, Pakkat, Humbang Hasundutan. Buya Ali Akbar, sebagaimana santri-santrinya mengenalnya mengenyam pendidikan di Makkah, setelah sebelumnya mondok di Pesantren Musthofawiyah Purba Baru Mandailing. Dilaporkan, sekitar 2.500 peserta pra-Muktamar menghadiri perhelatan keempat ini. Mereka berasal dari kepengurusan NU dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau, dan Kepulauan Riau.

Pengasuh : KH Syech Ali Akbar Marbun

Pendidikan
Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Gudang
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur’an, marawis, baca kitab kuning,pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, karate, basket, voli, sepakbola, marchingband.

Alamat
Jl. Pelajar No.264, Binjai, Medan, Sumut

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan