STAISPA Sleman, Yogyakarta

 
STAISPA Sleman, Yogyakarta

PROFIL
Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975. Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan pendidikan pada jenjang RA, MI, MTs, dan MA dengan berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth(moderat),  tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten).

Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran.

Pendirian STAISPA telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAISPA, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAISPA menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA mempunyai program Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni Program Studi Ilmu Tasawuf, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, dan Komunikasi Penyiaran Islam. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat dan alumni MA Sunan Pandanaran untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat terbukti dengan jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA mempunyai UPT Pusat Kajian Bahasa dan Turats yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas bahasa mahasiswa dan penguasaan kitab kuning. Selain itu, STAISPA juga mengelola LP3M yang bertanggung jawab dalam pengembangan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
PRODI
1. Ilmu Tasawuf
2. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiaiyah
4. Pendidikan Bahasa Arab
5. Komunikasi Penyiaran Islam
FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Gudang
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan
ALAMAT
Jl. Kaliurang Km 12.5, Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, 55581
Telp: (0274) 4543912/4543913
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://staispa.ac.id

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silahkan mengirim email ke redaksi@laduni.id.