Pesantren Annur, Bekasi

Pesantren Annur, Bekasi

Profil
Pondok Pesantren (PP) Annur didirikan pada tahun 1951 oleh KH Muchtar Thabrani dengan nama Raudhatul Banat untuk santri putri dan al-Akhyar untuk santri putra dengan sistem pendidikan Salafiyah.

KH Mukhtar Thabrani lahir pada tahun 1908 dan kalangan keluarga muslim yang tergolong dalam kelas papan bawah masyarakat saat itu. Pada perkembangannya setelah ia dewasa ia belajar ke pesantren Salafiyah di Rawa Bangke yang sekarang dikenal dengan nama Rawa Bunga di daerah Jakarta Timur, yang diasuh KH Marzuqi, yang pada saat itu banyak didatangi orang untuk mengirim putranya belajar mendalami ilmu agama.

Pendidikan
TPA, RA/TK, SMP Islam, MTs, MA, SMK dan Ma'had Tahfidz al-Quran (MTA).

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Bahtsul Kutub, dakwah dan kepemimpinan, hafalah al-Quran, seni baca al-Quran, muhadhoroh, olahraga dan kesenian bela diri, voli, sepakbola, basket, tenis meja, pramuka, paskibra, polisi keamanan sekolah (PKS), PMR, teater/drama, puisi, vokal grup, drumband, marching band, tilawah, kaligrafi Arab dan angklung. Keterampilan bahasa Arab bahasa Inggris, pidato, komputer, mengetik, menjahit, potong rambut, peternakan dan pertanian.

Alamat
Jl. KH.M.Thabrani No.41, Kaliabang Nangka, Perwira, Bekasi Utara - Kota Bekasi



Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.