Menyebut Nama Orang Shaleh Turun Rahmat. Benarkah?

Menyebut Nama Orang Shaleh Turun Rahmat. Benarkah?

LADUNI.ID, Hikmah - Salah satu maqalah "inda dzikris sholihin tanzilur rohmah" menurut al hafidz Ibnu Hajar hadits tersebut tidak ada dasarnya. Menurut al hafidz al 'iroqi tidak ada dasarnya dalam hadits marfu', hanya saja itu adalah ucapannya Sufyan bin 'Uyainah.

Ibnu sholah meriwayatkan dalam kitab ulumul hadits dari abu 'amr bin majid bahwa beliau bepergian dengan abu ja'far ahmad bin hamdan, keduanya adalah hamba yg sholeh, abu 'amr berkata kepada abu ja'far : "dengan niat apa saya menulis hadits ?"

Abu ja'far berkata : "bukankah Tarouna (kalian berpendapat / kalian meriwayatkan) bahwa ketika menyebut orang-orang sholeh maka rahmat turun?" 

abu ja'far berkata : "Rasululoh shollallohu alaihi wasallam adalah pemimpinnya orang-orang sholeh"

Tarouna jika memakai dua wawu maka hal itu adalah hadits dan ada asalnya, namun jika memakai satu wawu maka bukan hadits. 

Az Zamakhsari dalam khutbah kitabnya risalah fi fadhoilil 'asyroh berkata : "telah datang dalam atsar yg shohih yg bersanad dari ulama'-ulama' besar bahwa Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : " ketika disebut orang-orang sholeh maka rahmat turun ". Wallohu a'lam. 


Sumber: http://www.piss-ktb.com.