Saintek UIN Pengenalkan Operasional Jurnal Sistem OJS

Saintek UIN Pengenalkan Operasional Jurnal Sistem OJS

LADUNI.ID | ACEH Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry gelar Workshop Pengenalan dan Operasional Open Journal System (OJS) bagi dosen dan mahasiswa, kegiatan tersebut berlangsung 13-14 November 2018, di Aula Kampus setempat.

 

Pengelola Jurnal Elkawnie, Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry, Muhammad Ridwan Harahap, M.Si, Rabu (14/11/2018) disela-sela workshop mengatakan, workshop tersebut dilaksanakan dalam rangka melatih para dosen dan mahasiswa untuk melahirkan karya tulis ilmiah yang layak untuk dipublikasi pada jurnal yang terakreditasi.

 

Dikatakan, Jurnal Elkawnie Saintek merupakan salah satu dari 30 jurnal yang ada di Lingkungan UIN Ar-Raniry yang telah terdaftar E-ISSN, saat ini telah juga telah terindeks Directory of Open Access Jounal (DOAJ) atau disebut Direktori Jurnal Akses Terbuka yang merupakan situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

 

“OJS tujuannya untuk mendigitalisasi karya tulis ilmiah agar dapat dibaca di seluruh dunia dengan menggunakan media internet, Fakultas Saintek memandang perlu melaksanakan workshop tersebut bagi dosen dan mahasiswa yang difokuskan kepada mahasiswa semester akhir agar dapat menjadikan skripsinya menjadi sebuah tulisan jurnal ilmiah yang dapat dipublikasikan pada jurnal terutama pada Jurnal Elkawnie” ujarnya.

 

Ridwan Harahap menambahkan, tim pengelola jurnal Elkawnie terus berupaya mengembangkan jurnal tersebut dengan terindek DOAJ dan itu merupakan salah satu syarat penilaian akreditasi, ke depan jurnal Elkawnie terbuka aksesnya dan boleh dibaca secara global, oleh karena itu workshop tersebut diharapkan dapat melahirkan para penulis karya ilmiah yang dapat mengisi jurnal Elkawnie nantinya.

 

Dijelaskan, Jurnal Elkawnie merupakan jurnal Fakultas Sains dan Teknologi, di mana mengintegrasikan antara ilmu keislaman dengan nilai-nilai Sains dan Teknologi itu sendiri. Sejak didirikan pada 2015 silam, hingga saai ini sudah masuk edisi ke empat, dan tulisan yang dimuat selama ini murni dari dosen saja. Ke depan diharapkan partisipasi mahasiswa untuk melahirkan karya tulis ilmiah yang layak dipublis.

 

Ketua Panitia Workshop, Ima Dwitawati, MBA menyebutkan, kegiatan workshop berlangsung selama dua hari, pada hari pertama pesertanya terdiri dari para dosen di Lingkungan Saintek dan para pengelola Jurnal di Lingkungan UIN Ar-Raniry, sedangkan pada hari ke dua dilatih para mahasiswa, khususnya mahasiswa semester akhir, dengan harapan tugas akhir (skripsi) mereka dapat dijadikan sebagai karya ilmiah yang standar dengan sebuah jurnal.

 

“Workshop tersebut dilakukan bagi dosen diharapkan mampu mereview tulisan-tulisan yang masuk ke redaksi sesuai kategori karya ilmiah, sementara bagi mahasiswa diharapkan karya-karyanya dapat dipublikasi, dan tidak hanya pada jurnal Elkawnie saja, juga diupayakan akan dipublis melalui jurnal-jurnal lain,” ujarnya.

 

Oleh sebab itu kata Ima, panitia mengundang pemateri di antaranya Dr. Cut Dewi, ST, MT, M.Sc dengan materi Penulisan Karya Ilmiah dan Review Jurnal, dan Dr. Nasrul Arahman, ST, MT dengan materi Trik Publikasi Ilmiah Internasional.