Ketum PPK Kosgoro: Jangan Biasakan Menyalahkan Orang Lain

Ketum PPK Kosgoro: Jangan Biasakan Menyalahkan Orang Lain

LADUNI.ID, Jakarta – Semua manusia pasti memiliki suatu harapan. Akan tetapi, terkadang harapan itu melesat jauh dari rencana. Hal yang paling mudah dilakukan banyak orang, ketika harapan itu gagal diwujudkan adalah menyalahkan orang atau pihak lainnya.

Perlu diketahui, menyalahkan itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Sebaliknya, menyalahkan itu hanya akan memperburuk kondisi dan mempengaruhi produktivitas kerja kita.

Begitulah yang disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (KOSGORO), Hayono Isman dalam acara Doa Bersama untuk Mas Isman dan Selamatan Ulang Tahun Ke-61 Kosgoro dengan Tema 'Untuk Harkat dan Martabat Bangsa' di Wisma Mas Isman (WMI) Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (14/11) kemarin.

"Kebiasaan menyalahkan orang lain. Yakinlah itu, tidak menyelesaikan masalah kita," terangnya.

Menurut Hayono, untuk menjadi seorang yang sukses baik itu di bidang politik, perdagangan atau pendidikan, sejatinya sangat bergantung dari diri sendiri, bukan orang lain. "Mentalitas di dalam diri (masing-masing)," terangnya.

Haryono juga menambahkan, keinginan dan cita-cita semua orang agar bisa menjadi pengusaha sukses sangat mungkin tercapai. Apabila keinginan itu dilakukan dengan sungguh - sungguh dan didukung oleh lingkungan yang baik.

Selain itu, Hayono juga mencontohkan, di bidang politik, di mana seorang yang berlatar belakang pengrajin meubel atau kursi, Joko Widodo bisa menjabat sebagai wali kota, berlanjut menjadi gubernur dan akhirnya menjadi presiden.

"Berarti apa? Sebagai pengusaha juga bisa, kalau kita mau bekerja keras dan didukung oleh lingkungan budaya yang positif," pungkas Hayono Isman.