Begini Cara Kita Menjaga Nurani dan Akal Sehat Menurut Gus Mus

Begini Cara Kita Menjaga Nurani dan Akal Sehat Menurut Gus Mus

LADUNI.ID, Jakarta - Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) menekankan bahwa di tengah derasnya berbagai macam informasi di media sosial dan dunia maya, pentingnya menjaga akal sehat dan nurani.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Leteh, Rembang ini juga mengungkapkan bahwa akal sehat dan nurani ini berkaitan dengan upaya menjaga emosi agar tidak mempunyai kecenderungan berlebihan.

“Jangan biarkan emosi kita yang mempunyai kecenderungan berlebihan, terlepas dari kontrol akal sehat dan nurani kita,” tutur Gus Mus dikutip NU Online, Jumat (16/10) lewat twitternya.

Kalimat hikmah bertajuk #TweetJumat tersebut mendapat ribuan respon dari follower Gus Mus yang saat ini mencapai 1,9 juta follower itu.

“Bener Gus, rakyat btuh lbih bnyak pnyegaran spiritual yg mbuat adem ati agar memilih dg akal sehat, berkata dg waras, bertindak dg akhlak baik,” timpal akun bernama Dodi Leonard Andaya me-replay #TweetJumat.

Selain itu, Dodi menegaskan, Yang nafsu ingin ‘jihad’, dipersilakan langsung menuju Timur Tengah. Dia mendorong orang-orang tersebut dikasih akses langsung menuju Timur Tengah.

“Lha di sini Islamnya tenteram gini mo Jihad,” ucap Dodi.

“Nggih Gus. Kesediaan menjalani hidup dgn ikhlas bs meredam gejolak emosi dan memaksimalkan peran akal dan nurani kita,” tulis akun bernama Zidan (@zidan05371884). (Sumber: NU Online)