Pemerintah Apresiasi Ulama Aceh dalam Kritik dan Saran RUU Pesantren

Pemerintah Apresiasi Ulama Aceh dalam Kritik dan Saran RUU Pesantren

LADUNI. ID, ACEH- Palaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, yang diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah El-Madny SAg MM, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ulama dayah yang sudah berkenan hadir dan menyampaikan masukan saran terkait RUU Pesantren.

“Di samping akan memperbaiki kualitas konten RUU tersebut, saran ini juga akan dicatat sejarah sebagai wujud konstribusi ulama dayah Aceh untuk berkonstribusi di tingkat nasional dalam rangka merumuskan regulasi guna mendesain masa depan dayah yang mampu menjawab persoalan zaman,” ungkapnya.

Dikatakan, rekomendasi ulama dayah terkait penyempurnaan RUU Pesantren akan segera dilaporkan kepada Plt Gubernur Aceh. 

Selanjutnya akan disiapkan pengantar Gubernur untuk diteruskan kepada Presiden dan Ketua DPR RI serta pihak terkait lainnya untuk segera diinput dalam pembahasan RUU tersebut.

Menurut Usamah, ulama dayah Aceh menginginkan agar beberapa substansi dalam RUU Pesantren disempurnakan karena ingin adanya pengakuan tradisi, kebudayaan, dan keilmuan pesantren.

Sebab, katanya, selama ini pengakuan terhadap pesantren atau dayah baru sampai pada level pengakuan administrasi dan anggaran. 

“Tapi, belum pada pengakuan tradisi, kebudayan dan keilmuan pesantren,” ungkap Usamah yang juga mantan Sekretaris Kanreg XIII BKN Banda Aceh.

sumber : Aceh.Tribbunnew.com