Ketika Rahasia Kewalian KH Hamid Pasuruan Ditanyakan KH Ali Maksum

 
Ketika Rahasia Kewalian KH Hamid Pasuruan Ditanyakan KH Ali Maksum

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika sama-sama nyantri di Pondok Tremas Pacitan dan mendapati keadaan yang berbeda, karena saking akrabnya, Simbah KH. Ali Maksum rahimahullah bertanya kepada Allahuyarham KH. Abdul Hamid Pasuruan.

Asal-asale piye tho kok sampeyan saiki nganti diarani wali? (Sebenarnya bagaimana awal mula sampeyan sekarang oleh masyarakat dianggap sebagai wali?),” tanyanya.

Kemudian Kiai Hamid menjawab, “Aku ki tansah angen-angen kalimat (Karena saya senantiasa merenungkan ungkapan): “رأس الحكمة مَخافة الله” (Puncak ilmu dan hikmah adalah takut kepada Allah)”

Menurut Mbah Ali, maksud ungkapan tersebut adalah, puncak ilmu adalah yang menjadikan pemiliknya semakin takut kepada Allah, yang menjadikan seseorang semakin menyadari keagungan dan kebesaran Allah, yang menjadikan seseorang menjadi semakin iman dan patuh serta taat kepada Allah. Itulah yang kemudian dikenal sebagai ilmu sejati.

Sejak saat itu, maka apapun yang dilakukan oleh seseorang yang tidak menghasilkan rasa takut kepada Allah adalah perbuatan yang sia-sia dan tidak ada gunanya.

(Artikel ini ditulis oleh KH. Hilmy Muhammad, dengan sedikit perubahan dari redaksi)