Teungku Chiek di Pasi #1: Sang Waliyullah Pencetus Irigasi

Teungku Chiek di Pasi #1: Sang Waliyullah Pencetus Irigasi

LADUNI.ID,  ULAMA- Kota Asan Kumbang atau sekarang populer dengan nama Kembang Tanjung mempunyai sejuta sejarah dan misteri yang tidak terpublikasi serta pusat pendidikan yang menjadi mercusuar dunia. 

Salah satunya maqbarah (kuburan) yang berdiri dan menjadi "punggawa" masyarakat di sana, beliau bernama Syaikh Abdus Salam atau populer dengan sebutan Teungku Chik di Pasi juga dikenal sebagai tokoh ulama.

Keluasan ilmunya bukan hanya tokoh agama dan tokoh masyarakat, tokoh pendidikan juga tokoh pertanian dan perairan dari negeri Pedir bahkan sumatera sebagai sosok pencetus lahirnya irigasi perdana di Sumatera.

Dalam kehidupan sehari-hari Syaikh  Abdus Salam bin Syaikh Burhanuddin, populer dan lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Teungku Chik Di Pasi, yang lahir di Gigieng, negeri Pedir (Pidie)

Figur sosok Tgk. Chik Di Pasi menjadi legenda dan rujukan hidup dalam keseharian, tidak terlepas dan didikan orang tua beliau yang menempatkan waliyullah itu belajar pendidikan agama dasar pada orang tuanya sendiri Syaikh Burhanuddin (Teungku Chik di Gigieng