Beginilah Hukum Menjual Daging Babi pada Non Muslim

 
Beginilah Hukum Menjual Daging Babi pada Non Muslim

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, asatidz yth. Ada seorang pengusaha muslim, usahanya adalah menjadi pemasok besar babi (daging babi) untuk pasar-pasar yang kebanyakan masyarakat sekitar adalah non muslim. PERTANYAAN : Bolehkan seorang muslim menjual babi di tempat yang mayoritas masyarakatnya non muslim untuk dikonsumsi oleh mereka ? mohon sekalian ta'birnya, yang penting masih dalam lingkup madzhab empat. 

JAWABAN :
Wa'alaikumsalaam. Menurut kesepakatan ulama Syafi'iyyah jual beli daging babi pada non muslim sekalipun, hukumnya haram. Syaikh Ibnu Mundzir berkata : Ulama telah bersepakat akan keharaman menjual babi, membelinya dan juga menggadaikannya. Diriwayatkan dalam sebuah Hadits : Yang membuat, yang menjual, yang membeli, yang menyiapkan dan yang menggunakan barang yang haram adalah telah berbuat suatu dosa. Jadi menjual daging babi hukumnya dosa. Maka jika dilakukan maka hasil yang didapatpun adalah haram. Wallohu a'lam. 

- Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab XIII / 280 Cet Daar El-Fikr Beirut :
 

وأمّا النَّجس في نفسه ـ وهو موضوع الفصل ـ فلا يجوز بيعه مثل: الكلب، والخنزير، والخمر، والسّرجين، وما أشبه ذلك من النجاسات، لحديث جابر الوارد في الصحيحين: سمع رسول الله صلى الله عليه وسلّم يقول عام الفتح بمكة: «إنّ الله ورسوله حرّما بيع الخمر، والميتة، والخنزير، والأصنام». وحديث أبي مسعود البدري في الصحيحين: «أن رسول الله صلى الله عليه وسلّم نهى عن ثمن الكلب، ومهر البغي وحلوان الكاهن» وحديث رافع بن خديج: «ثمن الكب خبيث».وقال الشافعي في باب الرهن الفاسد: «وإذا رهن الرجل رجلاً كلباً لم يجز، لأنه لا ثمن له، وكذلك كل ما لا يحلّ بيعُهُ لا يجوز رهنُه. ولو رهنه جلود ميتة لم تدبغْ لم يجز الرَّهن، فإذا رهنه إياها بعدما دبغت جاز الرهن».وقال ابن المنذر: وأجمع العلماء على تحريم بيع الخنزير وشرائه ورهنه.

Fokus :

وقال ابن المنذر: وأجمع العلماء على تحريم بيع الخنزير وشرائه ورهنه.

 

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafi