Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

PROFIL
Perkembangan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan di era pembangunan dirasakan semakin tinggi, sejalan dengan semakin besarnya kebutuhan pembangunan terhadap tersedianya SDM yang berkualitas tinggi. Pendidikan menjadi alternatife dan kekuatan dalam mengejar ketertnggalan.

Oleh karena itu kehadiran institusi pendidikan akan menjadi kunci dan dynamo yang mampu mengatasi kekurangan dalam proses kegiatan pembangunan.

Kehadiran perguruan tinggi sebagai lembaga yang mampu melahirkan para pemikir (sarjana) merupakan andil yang besar, terutama di daerah dalam mencetak para inovator yang mampu mengadakan berbagai pembahasan di segala bidang kehiduan, serta dapat memberikan kontribusi yang konstruktif dalam mempercepat proses pembangunan.

Melihat tangtangan, peluang dan desakan masyarakat musim Kabupaten Kuningan akan kebutuhan lembaga pendidikan tinggi khususnya untuk mengembangkan pendidikan agama, Yayasan Islamic Centre Al Ihya dengan didukung Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan pada tanggal 18 April 1986 mengambil prakarsa mendirikan Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTI) Al Ihya. Tahun 1987 denga Keputusan Kordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat nomor : 05 tahun 1987 diperoleh ijin operasional.

Status ijin operasional berjalan selama dua tahun (1987-1989). Sejak itu Fakultas Tarbiyah PTI Al Ihya Kuningan berubah nama dan status Fakultas Tarbiyah PTI Al Ihya Kuningan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Tarbiyah Islamiyah (STTI) Al Ihya dengan status meningkat menjadi “TERDAFTAR” BERDASAR Keputusan Menag nomor : 114 tahun 1989.

Kebutuhan masyarakat, di samping pendidikan agama Islam, minat engembangan hokum Islam cukup besar. Karena itu STTI Al Ihya dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) tahun 1993 sampai 2014 dan kini di tengah-tengah masyarakata Kabupaten Kuningan telah lahirlah UNIVERSITAS ISLAM AL-IHYA (UNISA) Kuningan.




PROGRAM STUDI

Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Pendidikan Agama Islam (S-1)
PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) (S-1)
Perbankan Syariah (S-1)  
Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) (S-1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Guru PAUD (S-1)
PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) (S-1)
OPJKR (Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan, Rekreasi) (S-1)
Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)
Fakultas Kesehatan (FKES) Kesehatan Masyarakat (S-1)
Ilmu Gizi (S-1)
Fakultas Teknik (FTEK) Teknik Mesin (S-1)
Teknik Informatika (S-1)
Teknologi Pangan (S-1)
Teknik Elektro (S-1)


ALAMAT
Jl. Mayasih No. 11 Cigugur Kuningan "
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://unisa.ac.id/

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Universitas Islam Al-Ihya Kuningan