Ali Hasjmy #4: Jenjang Pendidikan Ali Hasjmy

Ali Hasjmy #4: Jenjang Pendidikan Ali Hasjmy

LADUNI.ID,ULAMA- Latar belakang pendidikan Ali Hasjmy, bermula pada masa usia kanak-kanak. Ketika akan memasuki pendidikan formalnya, Ali Hasjmy harus menerima kenyataan dengan masuk sekolah Belanda di Volk School (sekolah rakyat tiga tahun), kemudian di Goverment Inlandsche Scholl (sekolah lanjutan untuk pribumi putra dua tahun).

Akan tetapi setelah dayah-dayah (pesantren) dihidupkan kembali yang diprakarsai oleh para ulama Aceh, Ali Hasjmy berkesempatan memasuki dayah-dayah, antara lain Dayah Montasik. Setelah memasuki dayah-dayah tersebut.

Obsesi Ali Hasjmy untuk menuntut ilmu pengetahuan agama dari luar Banda Aceh menjadi kenyataan ketika Teungku Syekh Ibrahim Lam 'Nga atau lebih dikenal dengan Ayahanda memilih anak-anak Aceh yang cerdas yang belajar di perguruannya untuk melanjutkan studi ke Padang Panjang Sumatra Barat.

 Studi ke daerah Ranah Minang Pada Waktu itu menjadi Kibalt Ilmu Pengetahuan Modern di Sumatea Barat. Disana ada Perguruan Thawalib di Pandang Panjang dan Perguruan Tingg Islam di Pandang. Rombongan Ali Hasjmy ke Sumatera Barat adalah expedisi kedua putra-putra Aceh keluar daerah.

Sedangkan expedisi pertama adalah daerah Langkat (Sumatera Utara) sekitar tahun 1920 an.Tercatat beberapa putra Ulee Balang yang terpilih seperti Teuku Sulaiman, Teuku Ali Basyah, Teuku Ali Samalanga dan Ali Hasjmy. Mereka diantar langsung oleh Teungku Syekh Ibrahim Lam Nga.

Sesampai di Padang Panjang Ali Hasjmy langsung memasuki Thawalib School tingkat menengah (sekolah menengah Islam Pertama Tsanawiyah) pada tahun 1931 dan lulus pada tahun 1935. selama bersekolah di Thawalib Padang Panjang, Ali Hasjmy tidak hanya sekedar belajar, tetapi ikut menempa diri dalam pendidikan politik dengan memasuki berbagai organisasi kepemudaan.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014