Ali Hasjmy #5: Belanda Menangkap  Ali Hasjmy

Ali Hasjmy #5: Belanda Menangkap  Ali Hasjmy

LADUNI.ID,ULAMA-  Ali Hasjmy saat itu ikut aktif dalam berbagai organisasi kepemudaan karena pada waktu para pel ajar Madrasah-madrasah Islam seperti Tawaliq Padang Panjang menjadi pusat pengemblengan pusat politik kemerdekaan kepada pelajamya. sehingga mereka pada waktu itu menjadi deman politik.

Di madrasah ini pula Ali Hasjmy bertemu dan berteman dengan Imam Zarkasy (pendiri pondok Pasantren Gontor). Mereka satu perguruan dan satu organsasi. Setelah tamat, mereka berdua harus berpisah karena masing-masing harusmeilih sekolah lanjutan yang lebih cocok dengan bakat dan minat maing-masing.

Ali Hasjmy ketika itu juga aktif di HPII (Himpunan Pemuda Islam Indonesia) Cabang Padang Panjang sebagai Sekretaris, Partai Politik PERMI (Persatuan Muslim Indonesia) Cabang Padang Panjang tahun 1932-1935 sebagai anggota. Didasari keaktifannya dalam organisasi dan sering mendiskusikan masalah Kemerdekaan Indonesia,

Pemerintah Hindia Belanda menangkap Ali Hasjmy tahun 1935 dengan tuduhan melangar peraturan Vergarder Verbod (larangan mengadakan rapat). Dia berada dalam tahanan selama lebih kurang tiga bulan. Setelah tamat di Thawalib Padang Panjang Ali Hasjmy kembali ke Seulimum.

Dia mengajar pertama kalinya di perguruan Islam Seulimum dibawah pimpinan Teungku H. Wahab Keunaloi selama lebih kurang satu tahun. Pada waktu mengajar di Seulimum Ali Hasjmy bersama teman-temannya mendirikan SPIA (Serikat Pemuda Islam Aceh), dan Ali Hasjmy sendiri terpilih sebagai Bendahara Umum.

Setelah organisasi itu berubah menjadi PERAMIINDO (Pergerakan Angkatan Muda Islam Indonesia), Ali Hasjmy tidak lagi menjadi anggota pengurus besarnya yang berkedudukan di Seulimum, karena waktu itu dia bersama Sayed Abu Bakar (mantan ketua umum SPIA) sedang mempersiapkan keberangkatan mereka untuk melanjutkan studi ke Padang.

 

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014