Ali Hasjmy #7: Pelopor Kemajuan Pendidikan Aceh

Ali Hasjmy #7: Pelopor Kemajuan Pendidikan Aceh

LADUNI.ID,ULAMA- Minat Ali Hasjmy untuk berkiprah di dunia pendidikan, tidak hanya cukup untuk berdirinya Universitas Syiah Kuala dengan jabatanya sebagai Dewan Kurator, tetapi lebih dari itu, ketika pensiun dari Departemen Dalam Negeri dengan permintaan sendiri kembali mengabdi pada dunia yang pernah ditinggalkan sementara wakt Disamping sebagai tenaga pengajar di Universitas Syiah Kuala dan IAIN Ar-Raniry.

Ali Hasjmy beserta rekan-rekannya yang lain membentuk wadah Studs Klub Islam pada tahun 1967 yang mempunyai misi pengkajian ilmiah melalui diskusi-diskusi. Selain itu mempelopori penerbitan majalah Sinar Darussalam yang nomor perdananya terbit pada bulan Maret 1968.

Dalam kepengurusannya Ali Hasjmy duduk sebagai penanggung jawab majalah tersebut disamping sebagai ketua kelompok diskusi Studi Klub. Dilingkungan IAIN Ar-Raniry, Ali Hasjmy dipercaya sebagai Rektor pertama IAIN Ar-Raniry untuk masa jabatan 1977-1982. Dan dipercayakan pula sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Publisistik yang memperoleh pengakuan dari Menteri Agama No. 153 Tahun 1968, tanggal 19 Juli 1968.

Atas prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan, ternyata membuahkan  hasil  melalui  pengangkatannya  sebagai  Guru  Besar (Profesor) dalam ilmu dakwah pada tahun 1976. Puncak perhatian dan pengabdian Ali Hasjmy dalam hal pendirian Kopelma Darussalam, Kota Pelajar, LAKA, Dewan Mesjid, Muzakarah, sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Aceh dan juga dibidang pendidikan, ini ditandai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy yang dibentuknya pada tanggal 15 Januari 1991.

Dan kini telah diwakafkan menjadi milik masyarakat dan ummat Islam pada umumnya. Dengan demikian, meskipun Ali Hasjmy telah tiada, namun tetap dikenang sebagai mozaik kreatifitas yang tidak pernah pudar, dan terus menyala bagai bintang kejora di langit zaman.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014