Ali Hasjmy #11: Ulama Sederat Bintang Jasa Nusantara dan Dunia

Ali Hasjmy #11: Ulama Sederat Bintang Jasa Nusantara dan Dunia

LADUNI.ID,ULAMA- Sosok Ali Hasjmy bukan hanyadikenal sebagaiulamajuga  tokoh pendidikan, sejarawan, budaya dan lainnnya, sangat banyak penghargaan yang beliau dapatkan.

Penghargaan yang beliau terima tidak hanya dari pemerintan Indonesia, tetapi dari berbagai negara lain seperti, Malaysia, Brunai Darussalam, Pemerintan Arab Saudi dan negara-negara Islam lainnya.

 Semua tanda jasa dan penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, diantara penghargaan dan tanda jasa tersebut adalah :

  1. Bintang Mahaputra R.I.
  2. Bintang Adat Bakpo Teumereuhoom Kelas I.
  3. Bintang Istimewa Republik Arab Mesir Kelas I.
  4. Bintang Angkatan 45.
  5. Bintang Satya Lencana Kebaktian Sosial
  6. Bintang Karya Kelas I.
  7. Bintang Masyarakat Sejarawan Indonesia.
  8. Bintang Emas Ar-Raniry.
  9. Bintang BKKBN
  10. Bintang Pancacita Kelas I
  11. Bintang Emas Iqra'
  12. Bintang Veteran Rl

Sementara bentuk atau jenis penghargaan yang telah beliau terima diantaranya:

  1. Satya Lencana Perintis Kemerdekaan
  2. Generasi Penerus Pembangunan Indonesia.
  3. dll

Hasjmy juga dikenal sebagai Sastrawan Pujangga Baru, yang sejak masa muda sudah menulis sajak-sajak religius. Dia  membangkitkan semangat menentang penjajah.

Selain itu,  Hasjmy  juga dicatat sebagai budayawan dan sejarawan, yang kemudian melahirkan gagasan tentang Dunia Melayu Raya, sebuah gagasan yang menjelaskan dimana di semenanjung Nusantara, ada sebuah titik pertemuan identitas yang bernama Melayu.

Dia dikenal juga sebagai pujangga yang bergelar profesor, ahli agama, tokoh politik, pejuang kemerdekaan, sampai menjadi Gubernur Provinsi Aceh (1957—1964), provinsi paling barat di Indonesia untuk dua kali masa jabatan. Ali Hasjmy merupakan anak kedua dari delapan bersaudara.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014