Ali Hasjmy #16: Sosok Ulama dan Tokoh Pendidikan

 
Ali Hasjmy #16: Sosok Ulama dan Tokoh Pendidikan

 

LADUNI.ID,ULAMA Terpilihnya Ali Hasjmy menjadi Gubemur pertama Pada Propinsi kedua D.I. Aceh, melicinkan jalan baginya untuk menyusun suatu rencana yang konkrit dan kemudian lahir dalam bentuk Konsepsi Pendidikan Darussalam yang bertujuan melahirkan sumberdaya manusia yang handal dan berpengetahuan luas serta berbudi luhur, sekaligus mempersiapkan generasi penerus dalam rangka memperluas dan memperdalam penghayatan dan ilmu pengetahuan untuk kepentingan pembinaan masa depan.

 Oleh karena itu, upaya yang ditempuh Ali Hasjmy ini mendapat dukungan luas, baik dari kalangan masyarakat Aceh sendiri maupun dari pemerintah. Pembangunan Kopelma Darussalamm telah dirintis sejak tahun 1958 oleh suatu panitia yang ketuanya Ali Hasjmy sendiri. Kemudian dilanjutkan kembali pengawasan dan pembangunanya oleh Yayasan Pembangunan Darussalam (YPD) yang ketuanya adalah Ali Hasjmy melalui SK. Gubernur KDH D.I Aceh No. 27/1967, tanggal 13Mei 1967.

Apabila disimak lebih jauh, kepeloporan Ali Hasjmy di bidang pendidikan ini, pada prinsipnya bukan hanya sekedar sebagai pembuat atau pencetus ide, melainkan sebagai pembangun dan pelaksana pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari kapasitasnya sebagai pendidik, sehingga masalah pendidikan dan ilmu pengetahuan menjadi obsesinya yang terus menyala dalam kalbunya, dan tercermin pula dalam sikap dan konsistensi yang secara jelas dapat disimak dalam perjalanan hidupnya.

Denyut kehidupannya, tidak pernah absen untuk berbuat sesuatu untuk kepentingan masyarakat, khususnya bidang pendidikan. Di Universitas Syiah Kuala, Ali Hasjmy tidak hanya sebagai tokoh pendiri, tetapi sebagai dosen di beberapa Fakultas, bahkan dipercaya sebagai Ketua Dewan Penyantun (Kurator). Jadi hubungan antara Ali Hasjmy dengan Universitas Syiah Kuala suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dan tetap terpatri untuk selama-lamanya.

 

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014