Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

 
Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

PROFIL
Universitas Hasyim Asy'ari merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang, KH. Muhammad Yusuf Hasyim. Sebelum menjadi universitas, kampus yang berada di komplek pondok pesantren Tebuireng ini bernama Institut Keislaman Hasyim Asy'ari.

Unhasy, sebenarnya bukan nama perguruan tinggi baru di jajaran pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren, Unhasy secara resmi menyelenggarakan pendidikan bagi para calon sarjana sejak 22 Juni 1967. Pada 1 September 1988, perguruan tinggi yang didirikan oleh KH. Yusuf Hasyim, pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, berubah menjadi Institut Keislaman Hasyim Asy'ari (IKAHA). Perubahan dari UNHASY menjadi IKAHA dilatar belakangi oleh Surat Keputusan Menteri Agama RI, Nomor 3 Tahun 1987, tentang Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS).

Berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 278/E/O/2013, Unhasy resmi terlahir kembali. Perubahan dari Ikaha menjadi Unhasy seiring dengan turunnya Surat Keputuan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang berdirinya Unhasy dengan 15 program studi. Kelahiran kembali UNHASY disambut dengan sejumlah langkah, salah satunya, integrasi kurikulum agama dengan kurikulum non-agama di Program Studi (Prodi) agama, serta melakukan integrasi kurikulum non-agama dengan kurikulum agama di prodi non-agama.

Integrasi kurikulum tersebut, menurut Rektor Unhasy, Dr. H.C. Ir. KH Salahudin Wahid (Gus Sholah), dilakukan untuk peningkatan kualitas mahasiswa sehingga nantinya tidak canggung saat terjun di masyarakat. Cita-cita besar yang diusung Perguruan Tinggi dibawah naungan Pesantren Tebuireng ini adalah mencetak agamawan yang ilmuwan, dan ilmuwan yang agamawan.

Resmi menyandang status Universitas sejak Juli 2013, UNHASY membuka 15 Program Studi pada 7 Fakultas mulai tahun akademik 2013-2014. Pada Fakultas dan Prodi agama terdiri dari Fakultas Syari'ah dengan Prodi Hukum Perdata Islam dan Hukum Ekonomi Syari'ah; Fakultas Dakwah dengan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam; serta Fakultas Tarbiyah dengan Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Guru MI.

Sedangkan, Fakultas dan Prodi non-agama yang telah dibuka adalah Fakultas Teknik, dengan Prodi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil,dan Teknik Industri; Fakultas Teknologi Informasi, dengan Prodi Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Informatika; Fakultas Ekonomi dengan Prodi Manajemen, Akutansi, dan Ekonomi Islam; Fakultas Ilmu Pendidikan, dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Ingris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, dan Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam.

PROGRAM STUDI
Program Studi Fakultas Syari'ah
1. S1 Hukum Keluarga
2. S1 Hukum Ekonomi Syari'ah

Program Studi Fakultas Dakwah
1. S1 Komunikasi Penyiaran Islam

Program Studi Fakultas Tarbiyah
1. S1 Pendidikan Agama Islam
2. S1 Pendidikan Bahasa Arab
3. S1 Pendidikan Guru MI
4. S1 Manajemen Pendidikan Islam

Program Studi Fakultas Teknik
S1 Teknik Mesin
S1 Teknik Elektro
S1 Teknik Sipil
S1 Teknik Industri

Program Studi Fakultas Teknologi Informasi
1. S1 Teknik Informatika
2. S1 Sistem Informasi
3. D3 Manajemen Informatika

Program Studi Fakultas Ekonomi
1. S1 Manajemen
2. S1 Akuntansi
3. S1 Ekonomi Islam

Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan
1. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
3. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
4. S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
5. S1 Pendidikan Matematika

Program Studi Pascasarjana
1. S2 Pendidikan Agama Islam
2. S2 Hukum Keluarga Islam

 

 

 

 

 

ALAMAT
Jl. Irian Jaya No 55 Tebuireng Jombang 61471 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Telepon: 0321-861719 dan  https://www.unhasy.ac.id



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.