Unik, Wisata Lebah Ini Bakal Bikin Wisatawan Mendapat Ilmu Budidaya Madu

Unik, Wisata Lebah Ini Bakal Bikin Wisatawan Mendapat Ilmu Budidaya Madu

LADUNI.ID, Batu – Ketika Anda berada di Kota Batu, ingin rekreasi ke mana saja dan berbentuk apa saja ada akan Anda temukan. Bahkan jika Anda ingin merasakan sensasi mengambil sarang lebah di tengah kerumunan lebah pegunungan? Datang saja ke Petualangan Tawon.

Melalui objek wisata ini, wisatawan akan banyak belajar mengenali lebah, cara budidaya lebah hingga praktik memanen lebah.

“Sambil rekreasi, wisatawan bisa mendapatkan ilmu tentang budidaya madu, sebaiknya datang ke tempat ini, karena akan kita tunjukkan secara langsung,” terang pengelola Petualang Tawon, Suliono.

Adapun wahana “Petualangan Tawon” ini dikelola oleh warga RT 4 RW 3, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Di tempat ini, wisatawan diajak untuk melihat bagaimana budidaya lebah, memanen kemudian memeras sarang lebah menjadi madu.

Sedangkan pada waktu sekarang, obyek wisata ini masih melayani rombongan wisatawan belum melayani pribadi atau keluarga.

Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu sesuai paket yang dipilih. Pengunjung bisa belajar dan mempraktikkan langsung cara memanen.

Tentu, dengan tarif yang terjangkau tersebut, pengunjung akan mendapat minuman segar (welcome drink), makanan khas olahan madu, berikut edukasi tentang proses peternakan lebah atau tawon hingga menghasilkan madu.

Bahkan di kebun ini, wisatawan bisa merasakan langsung madu berbagai jenis, mulai dari rasa jeruk, eukaliptus, randu, hingga karet.

Selain itu, pengunjung juga diperkenalkan khasiat masing-masing madu yang ada. “Madu eukaliptus itu memiliki banyak  manfaat seperti meningkatkan stamina serta menyembuhkan penyakit lambung,” ujar Suliono.

Sambil melihat secara langsung peternakan madu, pengunjung juga akan terhibur dengan panorama indah perkebunan dan alam sekitar. Pengelola juga memastikan keamanan pengunjung, dalam hal ini lebah ini tidak akan menyengat selama mereka tidak diganggu.

Agar bisa mencapai tempat ini, wisatawan bisa melalui dua jalur. “Hanya bisa dijangkau dengan dengan angkutan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang lewat sini,” ujarnya.

Eksistensi destinasi wisata baru Petualangan Tawon ini tidak lepas dari pendampingan Dinas Pariwisata Kota Wisata Batu yang terus mendorong berdirinya wisata rakyat.