Biografi Sayyid Abu Bakri Syatha 

 
Biografi Sayyid Abu Bakri Syatha 
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi Sayyid Abu Bakri Syatha

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan dan Sanad Keilmuan
  4. Penerus
  5. Teladan
  6. Mengajar di Masjidil Haram
  7. Karya-Karya
  8. Chart Silsilah Sanad
  9. Referensi

1. Kelahiran

Abu Bakri bin Muhammad Zainal Abidin Syatha atau yang kerap disapa dengan panggilan Sayyid Abu Bakri Syatha lahir pada tahun 1266 H/1849 M di Makkah.

Beliau berasal dari keluarga Syatha, yang terkenal dengan keilmuan dan ketakwaannya. Namun Sayyid Bakri tak sempat mengenal ayahnya, karena saat masih baru berusia tiga bulan, sang ayah, Sayyid Muhammad Zainal Abidin Syatha, berpulang ke rahmatullah. Sayyid Abu Bakar Syatha merupakan seorang ulama’ Syafi’i, mengajar di Masjidil Haram di Makkah Al-Mukarramah pada awal abad ke XIV.

2. Wafat

Sayyid Abu Bakri Syatha meninggal dunia tanggal 13 Dzulhijjah tahun 1310 H/ 28 Juni 1893 M setelah menyelesaikan ibadah haji. Usianya memang tidak panjang (hanya 44 tahun menurut hitungan Hijriyyah dan kurang dari 43 tahun menurut hitungan Masehi), tetapi penuh berkah dan manfaat, yang sampai sekarang masih dirasakan umat. Jasanya begitu besar, dan pe­ninggalan-peninggalannya, baik karangan-karangan, murid-murid, maupun anak keturunannya, menjadi saksi tak terbantahkan atas kebesarannya.

3. Pendidikan dan Sanad Keilmuan

Setelah ayahnya meninggal, Sayyid Abu Bakri Syatha kecil dididik oleh saudaranya yaitu Umar Syatha. Kepada saudaranya itu, Sayyid Bakr belajar sekaligus menghafal Al-Quran dan berbagai matan kitab-kitab klasik, seperti kitab faraid, nahwu, balaghah dan fikih syafi’i. Kemudian menlanjutkan belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan untuk memahami semua matan kitab klasik yang dihafal.

Guru

  1. Umar Syatho
  2. Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

4. Penerus

Sayyid Abu Bakri bin Muhammad Zainal Abidin Syatha mengajar di Masjidil Haram dan memiliki banyak murid. Di antara murid-muridnya adalah Sayyid Abdullah bin Umar bin Ahmad Barum dan Syaikh Aman Al-Khathib Al-Falimbani.

Murid

  1. KH Hasyim Asy’ari
  2. Syekh Mahfuzh At-Tarmasi
  3. Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi
  4. Sayyid Abdullah bin Umar bin Ahmad Barum
  5. Syaikh Aman Al-Khathib Falimban
  6. Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (Habib Kwitang)

5. Teladan

Usianya memang tidak panjang (hanya 44 tahun menurut hitungan Hijriyyah dan kurang dari 43 tahun menurut hitungan Masehi), tetapi penuh berkah dan manfaat sampai sekarang sangat dirasakan umat. Jasanya begitu besar, dan peninggalan-peninggalannya, baik karangan-karangan, murid-murid, maupun anak keturunannya, menjadi saksi tak terbantahkan atas kebesarannya.

Kitab beliau yang sangat masyhur dan sampai sekarang masih dikaji oleh banyak orang, khususnya di pesantren-pesatren salaf, di antaranya adalah Kitab I'anatut Tholibin.

6. Mengajar di Masjidil Haram

Sayyid Abu Bakri Syatha merupakan seorang ulama’ Syafi’i, mengajar di Masjidil Haram di Makkah Al-Mukarramah pada permulaan abad ke XIV. Di tempat inilah pertemuan para ulama besar, yang sempat belajar kepadanya. Di antara muridnya, banyak yang datang dari Indonesia. Murid-murid yang datang dari Indonesia ini kelak banyak yang berhasil melanjutkan perjuangan dalam menebar ilmu. Seperti KH. Hasyim Asy'ari, Syaikh Mahfudh At-Tarmasi, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, dll.

7. Karya-Karya

Kitab I'anatut Tholibin adalah karya besar Sayyid Abu Bakri Syatha yang saat itu adalah tokoh ulama terkemuka Makkah abad ke-14 Hijriyyah (abad ke-19 Masehi). Di antara karyanya yang lain adalah berikut ini:

  • Jawazull 'Amal bil Qaul Al-Qadim lil Imam As-Syafi’i fi Shihhatill Jum’ah bi Arba’ah
  • Syuruthul Jum’ah wa Jawaz Ta’addudiha bi Qadril Hajah fi Balad Wahid
  • Ad-Durar Al-Bahiyyah fi Ma Yalzimu Al-Mukallaf minal 'Ulum As-Syar'iyyah
  • Al-Qaul Al-Munqih Al-Madhbuth fi Shihhatit Ta’amul wa Wujubiz Zakah fil Waraq An-Nauth
  • Fatawa fi Funun Syatta wa Ajwibah ‘ala As'ilah fil Fiqh
  • Tafsir Al-Quran Al-Karim (Washala fihi ila Shurah Al-Mu’minun)
  • Hasyiah 'ala Tuhfah Al-Muhtaj.
  • Hasyiah 'ala 'Umdah Al-Abrar fi Ahkamil Hajj wal I’timar.

8. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid Sayyid Abu Bakri Syatha dapat dilihat di sini.

9. Referensi

Dikembangkan dan diolah dari berbagai sumber.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 30 Agustus 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa tanggal 28 Juni 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya