Text Summarization, Fitur Terbaru Platform Kata.ai 3.0

Text Summarization, Fitur Terbaru Platform Kata.ai 3.0

Laduni.id (Jakarta) - Perusahaan yang konsern di bidang pengembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), Kata.ai, resmi meluncurkan inovasi terbari dari Kata Platform versi 3.0, Rabu (5/12).

Inovasi pada  Kata Platform 3.0 dikhususkan untuk pengembangan chatbot, program obrolan komputer yang memanfaatkan AI dan Deep Learning untuk menjawab pertanyaan dan menjalankan fungsi melalui percakapan kepada pelanggan seperti layaknya customer service.

Head of Platform Kata.ai, Gelar Pradipta Utama, mengatakan inovasi yang menjadi bagian dari versi terbaru platform ini adalah teknolog text summarization, fitur yang secara otomatis mengolah text panjang menjadi lebih ringkas.

Pada Tahun 2019, katanya, pihaknya telah mengembangkan fitur project system, CMS Studio, dan Natural Language (NL) API dan bisa digunakan tahun besok.

"Ada beberapa fitur lain yang dikembangkan, project system, CMS Studio, dan NL Prediction API, jadi tidak sebatas Chatbot saja, " kata dia.

Selain tiu, lanjutnya, ada juga voice chatbot, yaitu fitur pengolah pesan dalam bentuk suara dari pengguna sehingga bisa berinteraksi dengan chatbot tanpa harus menulis, jadi serasa langsung berinteraksi dengan manusia.

Sejak diluncurkan pada 2016, Kata Platform telah digunakan oleh lebih dari 3700 developer untuk mengembangkan chatbot dan total pesan dalam percakapan yang terjadi dalam semua chat bot telah mencapai 400 juta pesan.

"Dari 2017 hingga 2018, kami mendapatkan banyak kesempatan untuk bekerja sama dengan pelaku industri di Indonesia yang mulai menyadari pentingnya memanfaatkan teknologi AI untuk mengembangkan bisnis mereka di era yang semakin kompetitif, " ujar CEO dan CO-Founder Kata.ai, Irzan Raditya.