Biografi Habib Utsman bin Yahya

 
Biografi Habib Utsman bin Yahya
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil Habib Utsman bin Yahya

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mendirikan Majelis Taklim
  5. Karier
  6. Kiprah di Politik
  7. Karya-Karya
  8. Referensi

 

1. Kelahiran

Habib Utsman bin Yahya lahir di Pekojan, Batavia pada tahun 1822 M atau 17 Rabi 'al-awwal 1238 AH ). Utsman berasal dari keluarga Ba 'Alawi sada dengan ayahnya adalah Sayyid Abdullah bin Aqil bin Umar bin Yahya. Ibunya adalah Aminah, seorang putri dari ulama besar Mesir Sheikh Abdurahman Al-Misri.

Ayahnya, Abdullah, dan kakeknya, Aqil, lahir di Mekkah, sementara kakek buyutnya, Umar, lahir di desa Qarah al-Shaikh di Hadhramaut, yang kemudian pindah dan meninggal di kota Madinah. Snouck Hurgronje menjelaskan bahwa kakeknya adalah seorang ulama yang dihormati sebagai Syekh Sadah selama 50 tahun dan meninggal di Mekah pada 1823 M / 1238 H.

Ayahnya pindah ke Mekah ketika Utsman berusia 3 tahun, jadi Utsman dirawat oleh kakeknya, Aqil. Kakeknya memiliki banyak putra lain, selain ayah Utsman. Banyak dari putranya menjadi ulama di Mekah, seperti Sayyid Ishaq, yang meninggal di kota Ta'if , dan Sayyid Qasim yang melanjutkan kepemimpinan Agil sebagai Syaikh Sada di Mekkah.

Utsman memiliki hubungan keluarga dengan Habib Ali Kwitang melalui salah satu putrinya bernama Sidah, yang menikah dengan Abdul Qadir, saudara lelaki Habib Ali Kwitang.

2. Wafat

Habib Utsman bin Yahya wafat pada 1331 H (1913 M), jenazahnya dimakamkan di TPU Karet, Jakarta. Namun di kemudian hari, saat ada penggusuran makam pihak keluarga berusaha memindahkan tanah kuburnya ke Pondok Bambu. Sekarang makamnya masih terpelihara dengan baik di sebelah selatan masjid Al-Abidin, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

3. Pendidikan

Habib Utsman bin Yahya memulai pendidikannya dengan belajar Qur'an, Tafsir dan ilmu-ilmu Islam lainnya seperti Akhlaq, Tauhid, Fiqh , Sufisme, Nahwu Sharaf, Hadis dan Astronomi di bawah asuhan kakek keibuannya, Sheikh Abdurrahman bin Ahmad Al-Mishri.

Setelah kematian kakeknya ketika dia berumur 18 tahun, Utsman pergi untuk haji dan bertemu dengan ayah dan kerabatnya di Mekkah. Di sana, selama tujuh tahun ia belajar ilmu-ilmu Islam di bawah ayahnya dan kepada Sayyid Ahmad ibn Zaini Dahlan, Mufti Mekkah pada saat itu.

Utsman melanjutkan perjalanannya dalam mengejar pengetahuan untuk Hadhramaut 1848. Di sana, Ia belajar di bawah Habib Abdullah bin Umar bin Yahya dan paman dari pihak ibu Habib Husein bin Abdullah bin Tahir (kemudian, salah satu cucu gurunya, Sayyid Muhammad bin Agil bin Abdullah bin Umar bin Yahya, menikah dengan salah satu putri Utsman).

Dia juga pergi ke dan belajar di Mesir dan pernah menikah dengan seorang wanita Mesir. Dia melanjutkan perjalanannya ke Tunisia, di mana dia sering bertukar pikiran dengan Mufti Tunisia. Dari Tunisia ia kemudian belajar di Aljazair dan kemudian melanjutkan ke Maroko untuk belajar kepada berbagai sarjana Maroko.

Dia memperdalam pengetahuannya tentang Syariah di negara-negara Afrika Utara sebelum berkeliaran ke Suriah untuk bertemu dengan para sarjana di negeri itu. Dia melanjutkan perjalanannya ke Turki, yang masih di bawah Kesultanan Ottoman. Kemudian dia pergi ke Yerusalem di Palestina sebelum kembali ke Mekah.

4. Mendirikan Majelis Taklim

Dalam menjalankan dakwahnya, Habib Utsman bin Yahya membuka Majelis Taklim (pertemuan untuk mencari ilmu agama) yang dihadiri oleh banyak orang termasuk beberapa ulama lainnya dari seluruh Batavia dan sekitarnya, di antara murid-muridnya adalah Habib Ali Alhabsyi. Ia juga memainkan peran penting dalam pendirian Jamiat Kheir, yayasan pendidikan di Batavia pada tahun 1908.

Utsman bin Yahya diangkat sebagai Mufti Batavia pada tahun 1871 (1289 H). Pemerintah Belanda membayarnya setiap bulan sejak 1889 sampai kematiannya untuk nasihat tentang kebijakan Islam, dengan gelar Penasihat Kehormatan untuk Urusan Arab pada tahun 1891.

Sebagai seorang mufti, banyak pihak mengkritik Habib Utsman karena kedekatannya dengan orientalis Belanda, Snouck Hurgronje. Hamid Algadri dalam bukunya  menulis bahwa kedekatannya dengan Snouck Hurgronje didasarkan pada keyakinannya pada waktu itu bahwa dia (Snouck) adalah seorang Muslim.

Dia tidak tahu bahwa Snouck hanya pura-pura masuk Islam. Kerja sama antara Hurgronje dan Utsman bin Yahya dimulai ketika Hurgronje masih di Leiden seperti yang disarankan dalam salah satu surat Hurgronje pada 8 Juli 1888 M (28 Syawal 1305 H ).

Setelah kedatangannya di Batavia pada bulan Mei 1889, Snouck Hurgronje berdiskusi dengan Gubernur Jenderal Cornelis Pijnacker Hordijk yang baru saja ditunjuk untuk mempekerjakan Sayyid Utsman di pemerintahan kolonial. Snouck juga menominasikan Utsman sebagai asistennya dengan uang saku 100 Guldens. Snouck menyarankan dirinya membayar Utsman secara diam-diam untuk menghindari berkurangnya otoritasnya di kalangan Muslim. Semua permintaan Snouck diberikan oleh pemerintah kolonial.

Usman bin Yahya juga aktif dalam politik lokal. Bersama dengan Hugronje dia mengganggu penunjukan Kapten Arab baru di Batavia pada tahun 1901 dengan mendukung dan mendorong 'Umar Manqush bukannya Balwael sebagai kandidat.

5. Karier

Pada bulan Rabi 'al-Awwal 1279 H (1862) dia kembali ke Batavia setelah 22 tahun perjalanan untuk mencari ilmu dan menetap di Petamburan, daerah Tanah Abang. Di sana, ia menulis dan menyusun buku-buku, terutama tentang amalil Yaum (kenangan harian) dan buku-buku tentang dosa, tidak percaya, politeisme dan hal-hal yang bertentangan dengan Aqidah.

Dalam hidupnya, ia telah menulis sekitar 116 buku. Salah satu buku yang ditulisnya, al-Qaw ānin al-Syar'iyyah li ahli al-Maj ā lisi al-Hukmiyati wal 'Iftiayati, bahkan digunakan sebagai referensi dalam sistem pengadilan agama di Indonesia setidaknya sampai 1950-an.

Untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarganya, Uthman mendirikan perusahaan percetakannya sendiri bernama Pertjetakan Batu. Lebih dari itu, cetak litografinya adalah yang pertama di Indonesia dan menjadi pilar penyebaran intelektualisme di masyarakat.

6. Kiprah di Politik

Pada tanggal 27 Maret 1905 ia diangkat sebagai anggota asli dewan kotamadya Batavia pada tahun 1905, tetapi mengundurkan diri pada 27 Juli 1905. Dia kemungkinan besar menerima posisi singkat di bawah tekanan dari Snouck.

Sikap Habib Uthman dalam politik kadang-kadang cukup kontroversial, terutama dalam posisinya tentang jihad dan Perang Suci, khususnya mengenai kerusuhan melawan Belanda di Cilegon, Banten.

Meskipun Habib Utsman memiliki alasan yang kuat dalam argumennya, banyak sarjana menganggapnya sebagai kaki tangan kolonial. Selain itu, ia juga keras melawan praktik mistik, seperti yang ditulisnya dalam buku Manhaj al-Istiqamah.

Dalam sebuah surat tertanggal 26 Maret 1891, Snouck menulis tentang pendapat Sayyid Utsman mengenai jihad yang ditafsirkan secara salah oleh sebagian Muslim Indonesia: "Banyak orang 'disesatkan' oleh beberapa doktrin hukum jihad, dan mereka berpikir bahwa seorang Muslim adalah dibenarkan di hadapan Allah untuk melakukan tindakan seperti mengambil milik orang-orang kafir, orang Cina atau orang Belanda untuk dirinya sendiri ... " Utsman juga membantu Hurgronje dengan mengeluarkan fatwa untuk mendukung perang Belanda melawan Aceh.

Di antara insiden-insiden lain yang menarik kemarahan orang-orang Batavia dan orang - orang Arab Singapura adalah pembacaan doa oleh Habib Utsman pada kesempatan penobatan Ratu Wilhelmina pada tahun 1898, pada saat itu Orde van de Nederlandsche Leeuw (Orde Singa Belanda) diberikan kepadanya. Memanggilnya sebagai teman kafir, lawan-lawannya mengutuk Habib Uthman dalam surat-surat kepada Pers Arab dan pamflet yang dicetak di Singapura.

7. Karya-Karya

Karya beliau banyak ditulis dengan huruf arab pegon, selain huruf latin dan diterjemahkan ke bahasa sunda. Diantara karya-karya Sayyid Usman adalah, Sifat Dua Puluh (Tauhid), Perhiasan Bagus Untuk Anak Perempuan, Adabul Insan, Risalah Dua Ulama (akhlak), Manhaj al-Istiqamah fi ad-Din bi as-Salamah (tentang ragam Bid’ah), Maslak al-Akhyar (doa-doa), Rawdhatul Basim (Sirah Nabawiyah).

8. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 14 Januari 2021, dan terakhir diedit tanggal 30 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya